2000 Rumah Warga Enam Kecamatan di Karawang Terendam Banjir

 

 

banjir

Karawang,KTD-  Lebih dari 2000 rumah warga dan puluhan hektar sawah terendam air akibat banjir di enam kecamatan di Kabupaten Karawang. Air meluap 30 cm hingga 80 cm sejak hujan deras, Kamis (25/2) malam Pukul 22.00 WIB hingga Jumat (26/2) pagi. Luapan air yang merendam rumah warga berasal dari lima sungai berbeda.

“Kami mendapat laporan sejak Pukul 02.00 dini hari, banjir melanda tujuh desa dan dua kelurahan dari enam kecamatan," ungkap Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Asip Suhendar kepada karawangtoday.com ,tadi siang.

Ke tujuah desa dan dua kelurahan tersebut, beber Asip, diantaranya Desa Dawuan Tengah, Dawuan Barat, Purwasari, Karangligar, Kiara, Langgengsari, Sukatani, Kelurahan Mekarjati dan Nagasari. "

Dawuan Barat dan Dawuan Tengah yang paling parah ketinggian banjirnya, kita sudah memasang dua posko," terang Asip.

Kata Asip, pihaknya  telah menyiapkan 2 ton beras, air mineral dan mie instan untuk dibagikan di dua wilayah paling parah tersebut.  Selain itu, 500 petugas siaga banjir terdiri dari Satgas BPBD, Dinas Kesehatan dan relawan lainnya telah disiagakan di sembilan titik banjir.

"Saat ini kita masih menunggu hasil dari satgas untuk melakukan pemantauan dan pendataan lebih detail," katanya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi banjir meluas di dua daerah tersebut, pihaknya telah berkoordinasi kepada Dinas Binamarga dan Pengairan (DBMP) untuk menganggarkan pembuatan penyaring sampah pada syipon Cikaranggelam yang membuat banjir Perumahan BMI 1 di Desa Dawuan Tengah dan Perumahan BMI 2 Dawuan Barat.

"Di dua daerah itu lubang syipon terlalu jauh terhalang sampah, sehingga tidak dapat dikeluarkan secara manual. Itu yang menyebabkan air tersendat parah. Namun kita sudah meminta Binamarga agar membuat penyaring sampah dalam syipon," pungkasnya.(May)

Category: Banjir, Bencana alam, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "2000 Rumah Warga Enam Kecamatan di Karawang Terendam Banjir"