Jika Benar, Toyota Kecewa Pelabuhan Cilamaya Pindah ke Subang

 

 

pelabuhan

Karawang,KTD - H. Fukui, manager officer Toyota Motor Corporation (TMC) angkat bicara soal rencana pelabuhan di pantai utara. Lewat penerjemahnya dia mengatakan telah mendengar gosip perpindahan lokasi pelabuhan, dari Kecamatan Cilamaya, Karawang, ke Subang.

"Jika memang benar pindah ke Subang, jaraknya menjadi lebih jauh. Kurang lebih 70 kilometer dari pabrik ini," kata Fukui, saat jumpa pers, usai peresmian pabrik mesin ke tiga nya di Karawang, Senin,(7/3).
Fukui menyayangkan jika pelabuhan di Cilamaya batal dibangun. Ia mengaku sempat girang, ketika pemerintah berencana membangun pelabuhan bertaraf internasional di Karawang beberapa tahun lalu.
"Kami sangat menyambut baik pelabuhan baru itu. Apalagi kami berencana mengekspor 50 persen, sedangkan 50 persen lain, untuk pasar domestik. Adanya pelabuhan baru, bisa mendongkrak peningkatan ekspor," ucap Fukui.
Sementara itu, proyek Pelabuhan di Karawang masih samar. Dalam Perpres Nomor 3 Tahun 2016 disebutkan pelabuhan akan dibangun di sebelah utara Provinsi Jawa Barat. “Jadi malah disamarkan pelabuhan akan dibangun di Karawang, Subang, atau Indramayu. Sebab , hanya disebutkan dipesisir utara Jawa Barat,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Tata Ruang Bappeda setempat, Dindin Rachmadhy, saat dihubungi, Senin, 7 Maret 2016.
Ia menyayangkan pembatalan penyangga pelabuhan Tanjung Priuk itu oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Sebelum semuanya jelas, tenyata sudah dibatalkan, dengan alasan mengganggu pipanisasi pertamina,”ujarnya.
Hanya saja, Dindin mengakui infrastruktur Karawang saat itu  belum siap menyambut pembangunan Pelabuhan Cilamaya. "Padahal, kajian sendiri sudah dimuulai sejak lama," ucap dia.(may)

Category: Automotif, Kamera
No Response

Leave a reply "Jika Benar, Toyota Kecewa Pelabuhan Cilamaya Pindah ke Subang"