Sekretaris KPU Dicecar 50 Pertanyaan

0 1070

nandang r

 

 

Karawang,KTD-Kejaksaan Negeri(Kejari) Karawang kembali melakukan pemeriksaan dalam kasus dugaan korupsi KPU sebesar Rp.59 milyar tahun anggaran 2015 .Kali ini giliran Sekertaris KPU,Nandang Ruhyatna yang dicecar pertanyaan sebanyak 50 pertanyaan oleh tim penyidik kejaksaan dalam  kapasitasnya sebagai KPA (kuasa pengguna anggaran) dan PPK (pejabat pembuat komitmen) dalam proyek pengadaan di KPU tahun anggaran 2015.
Menurut Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Karawang, Titin Herawati Utara, mengatakan, Nadang dimintai keterangan penyidik kejaksaan seputar kapasitasnya sebagai Sekretaris KPU, KPA dan PPK dalam kegiatan proyek pengadaan dan kegiatan lainnya di KPU senilai Rp59 miliar. “Dia ini jabatannya banyak jadi kita membutuhkan keterangan terkait permasalahan dugaan korupsi di KPU. Ini merupakan pemeriksaan pertama, tapi nanti jika kita membutuhkan keterangan tambahan akan kita panggil kembali,” katanya.

Tintin menjelaskan jabatan Nandang sebagai KPA dan PPK dalam kegiatan di KPU cukup strategis. Sebagai KPA dan PPK, Nandang dipastikan mengetahui banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU. “Siapapun yang mengetahui atau terkait dengan proyek di KPU pastinya akan kita mintai keterangan. Kita juga masih akan meminta keterangan dari sejumlah orang lagi yang belum sempat kita mintai keterangan,” ujarnya.
Menurut Titin pihaknya sudah memeriksa sedikitnya 30 orang yang dimintai keterangan dari sejumlah instansi pemerintah daerah. Sampai saat ini pemeriksaan masih seputar tupoksi masing-masing pihak yang sudah diperiksa. “Pemeriksaan masih seputar tupoksi jabatan mereka dan juga kewenangannya. Kita belum bisa mengambil kesimpulan meski sudah meminta keterangan 30 orang,” katanya.
Nandang memenuhi panggilan kejaksaan dari pukul.9.00 Wib hingga diperiksa kembali  pukul 13.00 Wib sampai dengan selesai. Selama pemeriksaan, Nandang dinilai kooperatif menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh penyidik kejaksaan.” Pemeriksaan berjalan lancar karena dia cukup koperatif menjawab pertanyaan penyidik dan juga memberikan data yang kita minta. Makanya pemeriksaan berjalan cepat dan lancar,” bebernya. (May)

 

Category: Hukrim, Karawang, KPU
No Response

Leave a reply "Sekretaris KPU Dicecar 50 Pertanyaan"