Polres Kembangkan Kasus Trafficking Sejumlah THM di Karawang

sex_trafficking

Karawang, KTD-  Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Karawang, Jawa Barat terus melakukan penyelidikan dan pengembangan kasus dugaan perdagangan anak (trafficking) di sejumlah tempat hiburan malam (THM) di wilayah Karawang.

Kasat Reskrim Polres Karawang, AK Doni Satria Wichaksono menyebutkan pengembangan kasus dugaan perdagangan anak (trafficking) berawal ketika adanya temuan seorang korban berinisial SN,16, warga Kabupaten Purwakarta ditemukan menjadi seorang PSK atau PL disalah satu tempat hiburan malam Grand Amy (GA) yang berada di Jalan Interchange Karawang Barat, Sabtu (26/3) dini hari lalu dalam operasi Berantas Sindikat Narkoba (Bersinar).

Dia menyebutkan, pihaknya akan melakukan pengembangan dengan memanggil penyedia (mucikari) dan pengelola THM tersebut. “Pemanggilan akan segera kita lakukan kepada penyedia dan pengelolanya,” ungkapnya.

Ia mengatakan penyedia dan pengelola dapat terseret jeratan hukum ketika terbukti melakukan pemaksaan dan sengaja menyediakan PL atau PSK yang di bawah umur.  Para pelaku bisa dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

“Mereka bisa kita jerat dengan Undang-Undang Perlindungan Anak dan Undang-Undang trafficking, jika memang sejumlah bukti mengatakan ada pemaksaan dan kesengajaan dari penyedia dan pengelola,” sebutnya.

Menurut Doni, sejumlah sindikat pelaku perdagangan anak (trafficking) kemungkinan memang berada di Karawang. “Meski saat ini belum ditemukan, pengembangan kasusnya terus kita selidiki,” terangnya.

Selain itu pihaknya saat ini tengah mendalami beberapa dugaan kasus  eksploitasi anak yang dilakukan oleh sejumlah kalangan gelandangan dan pengemis (gepeng) di Karawang. “Sejauh ini dari hasil pemantauan dilapangan masih belum ada tindakan pemaksaan atau eksploitasi dari orang lain kepada anak-anak tersebut. Kita sudah mengikuti anak-anak dijalanan sampai kerumahnya,” pungkasnya. (Myz)

 

Category: Hukrim, Karawang, Kepolisian Karawang, Masalah Sosial, Tempat Hiburan
No Response

Leave a reply "Polres Kembangkan Kasus Trafficking Sejumlah THM di Karawang"