Mulai Senin, Pemkab Karawang Berlakukan Tarif Baru Angkotan Kota

angkot 

Karawang, KTD- Setelah sebelumnya Pemerintah Pusat kembali mengumumkan penurun­­an harga bahan bakar minyak jenis premium dan solar diangka masing-masing sebesar Rp500/liter yang akan berlaku Jumat (1/4). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat memastikan akan memberlakukan tarif baru untuk angkutan umum di hari Senin (4/4).

"Insya Allah kita pastikan pemberlakuan penurunan di hari senin," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karawang, Dede Sudrajat, Kamis (31/3).

Dede menyebutkan penurunan tarif angkutan umum di Karawang sesuai dengan himbauan Kementerian Perhubungan sebanyak 3 persen. "Kita sudah mendapatkan surat himbauan dari Pak Menteri untuk harga penurunannya," ujarnya.

Saat ini, harga tarif angkutan umum di Karawang bervariasi. Untuk trayek kuning mengarah ke wilayah perkotaan saat ini sebesar Rp 3.500 menjadi Rp 3.395, trayek Cikampek-Klari-Johar sebesar Rp 11 ribu menjadi Rp 10.670 dan Tanjungpura-Rengasdengklok Rp 6 ribu menjadi Rp 5.820 .

"Pemerintah pusat pasti memiliki pertimbangan yang baik dalam mengatur pertumbuhan perekonomian dalam bidang angkutan," ucapnya.

Dede sebelumnya mengakui Karawang sendiri memiliki 25 trayek angkutan, namun sejumlah trayek banyak yang tidak berfungsi akibat kurangnya para penumpang yang memilih angkutan umum sebagai alat trasfortasi pilihan.

"Masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua dibandingkan dengan angkot. Trayek kita ini sudah sangat cukup di Karawang, hanya kesadaran masyarakat kurang untuk menggunakan angkutan umum," terangnya.

karena hal itu pula, sambungnya, banyak para pengusaha dan supir yang mengeluhkan penghasilan jasa angkutan di Karawang.

Ia membeberkan, satu sopir angkutan umum kota di Karawang, harus menyetor  kepada pengusaha angkutan sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. "Saya pernah cek ke rumah salah satu pengusaha angkutan. Lalu ada papan yang bertuliskan setoran kurang kunci simpan," pungkasnya. (Myz)

 

Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Mulai Senin, Pemkab Karawang Berlakukan Tarif Baru Angkotan Kota"