Puasa, Warung Makan Tetap Beroperasi

0 697

 warmak

Karawang, KTD- Warung atau rumah makan lazimnya tutup selama Ramadhan dan baru dibuka menjelang buka puasa hingga malam hari.  Meski demikian ada saja penjual makanan yang nakal tetap buka pada pagi hari, dengan pelayanan tidak mencolok.

Warung makan di sekitaran GOR Panatayudha misalnya. Sejumlah rumah makan di wilayah itu tetap buka pada awal Ramadhan ini. Menu makanan pun tak berkurang seperti sebelumnya.

Pemilik rumah makan, Kuswati, 40 tahun menyatakan, warung buka  hanya hari pertama ramadhan saja. Namun, kata dia, pelayanan terhadap menu makanan tidak begitu mencolok. “Warung ditutup dengan tirai agar tak terlihat orang yang berpuasa,” kata Wati.

Menurutnya, Ramadhan tidak melarang usaha makanan pada siang hari. Meski begitu, pemilik warung maupun rumah makan harus tetap menghormati umat Muslim.

“Dengan begitu, masyarakat bisa memahami pemasangan tirai atau penutup warung merupakan upaya menghargai orang yang menjalankan puasa,” paparnya.

Sementara di areal Pasar Baru dan Pasar Johar Karawang yang notabene sebagai tempat makan, masih terlihat beroperasi. Namun, dibukanya warung makan ini, nampak sepi dari pembeli. Sejumlah pengusaha makanan, baik warteg maupun penjual bakso, masih ramai.

Terlihat, pada sebagian warung dan rumah makan menunjukkan pelayanan tidak mencolok dan penuh kehati-hatian. Meski begitu terdapat pedagang teledor karena menggelar menu maupun penempatan ruang makan untuk konsumen terlihat terbuka saat santap makanan. (Panji)

 

Category: Ekbis, Karawang
No Response

Leave a reply "Puasa, Warung Makan Tetap Beroperasi"