Dibanding PSK, Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Terjangkit HIV

PRT

Karawang, KTD- Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Karawang membeberkan data mencengangkan terkait hasil pemeriksaan penularan penyakit kelamin sepanjang tahun 2015 hingga awal 2016. Berdasarkan data yang diperoleh, ternyata, Ibu rumah tangga menduduki posisi tertinggi terkena penyakit HIV/AIDS.

“Ada sekitar 110 ibu rumah tangga yang terkena HIV. Jumlah ini lebih banyak daripada Pekerja Seks Komersial (PSK). Kalau PSK cuma 70 orang yang terdeteksi terkena HIV,” ungkap salah satu staff KPA Karawang, Awan Gunawan, Selasa (7/6) siang.

Awan menilai, kasus yang dialami para ibu rumah tangga tersebut terjadi  karena tertular HIV dari suaminya. Virus tersebut ditularkan oleh sang suami yang sebelumnya pernah berhubungan seksual dengan pekerja seks  tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

“Para ibu rumah tangga ini kemudian ikut tertular HIV ketika melakukan hubungan seksual dengan suaminya,” ujarnya.

Para ibu rumah tangga ini, kata Awan, umumnya terlambat mengetahui telah tertular HIV karena tidak melakukan pemeriksaan sebelumnya. Mereka merasa tak berisiko terinfeksi HIV. Mirisnya, HIV bisa ikut menular pada bayi yang mereka kandung. HIV bisa menular saat ibu positif HIV menyusui anaknya. Ketidaktahuan para ibu ini menyebabkan kelahiran bayi positif HIV tidak sempat dicegah. (Panji)

 

 

 

 

 

Category: Karawang, Kesehatan, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Dibanding PSK, Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Terjangkit HIV"