Budaya Asing, Bukan Ancaman

0 1680

budaya

 

Karawang, KTD- Maraknya ekspansi bu­daya asing di Indonesia, tak selalu berdampak buruk. Di era globalisasi, setiap negara bebas melakukan ekspansi budaya ke negara lain. Dulu, budaya Barat dengan leluasa melakukan penetrasi budaya ke berbagai negara lain. Kini, Barat tak sendiri. Korea dan Jepang ikut pula mendomina­si ekspansi budaya. Tak hanya berhenti di Asia, budaya Ko­rea dan Jepang hadir pula di Eropa dan Amerika.

Saat ini, budaya Korea dan Jepang masuk ke Indonesia dengan beragam cara. Mu­lai dari fesyen, musik, film, hingga menu makanan. Den­gan fenomena yang ada, budayawan asal Tasik, Edoy Nga­lagena melihat tren yang ada bukan sebagai ancaman. Menu­rut dia, maraknya ekspansi budaya asing ke Tanah Air, tak selamanya buruk. Ekspansi bu­daya justru bisa menjadi kesem­patan membuat negeri ini lebih dikenal masyarakat dunia luar.

“Sekitar 7,2 milyar penduduk dunia belum tentu kenal Indo­nesia,” ujarnya.

Selain itu, masuknya bu­daya negara lain dapat men­jadi warna baru bagi industri kreatif tanah air. Sehingga, ekspansi budaya yang ada se­benarnya memiliki nilai positif untuk perkembangan Indonesia maupun kota lainnya.Apalagi, kata dia, kehadi­ran budaya asing tak langsung berarti mengancam budaya In­donesia asli. Kecintaan masyarakat pada budaya tradisional khas Indonesia pun tak seketi­ka luntur oleh budaya negara lain.

Menurutnya, setiap negara pasti memiliki kelebihan ma­sing-masing sebagai senjata untuk membuat negara lain kenal dengan negara mereka. Karawang, misalnya. Selama ini, menurut dia, Karawang menjadikan bidang pariwisata sebagai unggulan utama milik daerah. Banyaknya budaya, alam, dan bahasa yang unik, membuat Indonesia memiliki daya tariknya sendiri.

“Basis kita memang di bidang pari­wisata. Jadi, ya memang perlu kita sebagai warga Karawang mempromosikan tempat-tem­pat wisata,” kata dia.

Meski masuknya budaya asing tak pernah dilihat se­bagai ancaman, pemerintah tetap harus menyaring setiap budaya asing yang masuk ke tanah air. Harus ada kriteria dan persyaratan tersendiri dalam menghadapi gempuran budaya asing.

Pemerintah Indonesia, kata dia, juga tak pernah berhenti melakukan langkah promosi memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri. Salah satunya, dengan rajin berpar­tisipasi dalam berbagai event. (ade)

Category: Budaya, KarawangTags:
No Response

Leave a reply "Budaya Asing, Bukan Ancaman"