Jelang Idul Adha, Sayuran Mengalami Kenaikan Harga

sayuran

Karawang, KTD- Dua hari (H-2) menjelang hari raya Idul Adha, harga sayuran di sejumlah pasar Karawang, Jawa Barat melambung tinggi. Kenaikan tersebut dipicu karena meningkatnya konsumen.

Diketahui harga cabai merah biasa mengalami kenaikan hingga Rp45ribu perkilogram yang awalnya hanya Rp32ribu perkilogram. Kenaikan juga diikuti harga cabai merah keriting yang hingga Rp45 ribu perkilogram yang sebelumnya Rp36ribu perkilogram.

Di Pasar Karawang kenaikan juga terjadi merata pada komoditi bawang merah yang saat ini mencapai Rp40ribu perkilogram yang sebelumnya Rp34ribu perkilogram.

"Konsumennya meningkat, stoknya gitu-gitu aja," ujar Yunus pedagang sayur Pasar Johar Karawang, Sabtu (10/9).

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) setempat, Abdul Aziz kenaikan sendiri terjadi pada hari ini. Ia menilai, sejumlah pedagang hanya memanfaatkan momentum Idul Adha untuk menaikan harga.

"Padahal sejauh ini tidak ada kabar gagal panen dimana-mana, stok sangat tersedia. Tetapi sejumlah distributor dan konsumen memang menfaatkan momentum Idul Adha untuk naikan harga," terang Aziz.

Aziz menyebutkan pihaknya tidak mampu melarang sejumlah pedagang menaikan harga. "Yang dapat mengontrolnya hanya kebijakan Pemerintah Pusat. Kita hanya memberikan informasi kepada masyarakat," ucapnya.

Untuk mengetahui data harga terbaru sejumlah kebutuhan pangan di pasar-pasar Karawang, warga setempat dapat memanfaatkan media sosial Facebook dengan mengklik pertemanan "bkpkarawangkab*.

"Minimal dengan masyarakat tahu harga terupdatenya, maka tidak akan dibohongi pedagang yang ingin ambil untung lebih," pungkasnya. (Panji)

Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Jelang Idul Adha, Sayuran Mengalami Kenaikan Harga"