Mendikbud Dorong Kreativitas untuk Majukan Film Indonesia

film

Karawang, KTD- MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengungkapkan, film menjadi salah satu media yang perlu dikembangkan untuk pembangunan karakter bangsa. Hal ini diungkapkan Mendikbud saat mengumumkan daftar nominasi Anugerah Apresiasi Film Indonesia (AFI), acara apresiasi tahunan kepada para sineas Tanah Air.

“Pemberian penghargaan kepada insan film yang telah berhasil memajukan standar pesan moral dan artistik dalam karya film yang membangun karakter bangsa sangat penting. Itu dilakukan untuk menunjukkan keluhuran budaya Indonesia di mata dunia,” ujar Mendikbud sebagaimana dikutip dari siaran pers belum lama ini.

Tahun ini, AFI yang memasuki tahun kelima mengangkat tema ‘Budaya, Kearifan Lokal, dan Pembangunan Karakter Bangsa’. Mendikbud pun ingin, ke depannya sineas Indonesia makin kreatif dan mau berinovasi untuk menghasilkan film yang dapat dikonsumsi secara lokal maupun internasional.

“Dengan tema tersebut, film menjadi salah satu media yang perlu dikembangkan, baik sebagai konsumsi lokal Indonesia maupun internasional,” sebutnya.

Penghargaan sendiri terdiri atas 23 kategori, yakni 12 kategori umum, sembilan kategori khusus, dan dua penghargaan inspiratif. Mendikbud menambahkan, dari 276 film Indonesia, 246 di antaranya lolos seleksi.

“Selamat kepada para nominator yang terpilih, perjuangan jangan hanya sampai di sini, tetapi teruslah berkarya untuk film Indonesia,” tutur Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

Pada daftar penghargaan, terdapat pula nominasi film pendek kategori pelajar dan mahasiswa. Kemudian juga terdapat film dokumenter kategori mahasiswa dan pelajar, serta apresiasi kepada lembaga pendidikan. (Panji)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Mendikbud Dorong Kreativitas untuk Majukan Film Indonesia"