Inspiratif, Siswa SMAN 1 Jatisari Ini Ciptakan Produk Makanan Kesehatan dari Buah Mengkudu dan Ice Cream

mengkudu

Karawang, KTD- Dibalik rasanya yang kurang sedap dan tampilan menakutkan, nyatanya, buah mengkudu sanggup dimanfaatkan sebagai bahan tambahan ice cream oleh para pelajar SMAN 1 Jatisari yang tergabung di organisasi Karya Ilmiah Remaja (KIM).

Salah satu anggota KIM, Khaliza Aninda Putri mengatakan ide pemanfaatan buah mengkudu berawal dari banyaknya buah mengkudu di sekitar lingkungan sekolah yang jarang dikonsumsi oleh siswa maupun guru. Berangkat dari hal tersebut, Khaliza dan beberapa anggota lainnya mencoba menyulap buah mengkudu menjadi sesuatu yang layak konsumsi dengan kemasan berbeda.

“Kami olah buah mengkudu menjadi makanan yang menyehatkan dan ekonomis. Mengkudu yang dicampur dengan ice cream” ujar Khaliza saat dijumpai di sekolahnya, Rabu (12/10).

Sederhana saja, kata Khaliza, tidak terlalu sulit untuk menghasilkan produk inovatif pengolahan mengkudu dan ice cream. Ia menjelaskan, bahan-bahan yang diperlukan hanya sari yang dicampur dengan susu bubuk, coklat bubuk, tepung maizena serta buah mengkudu.

“Untuk buah mengkudu bisa menghasilkan 50 cup ice cream. Sehari, kami hanya memproduksi 50 cup saja. Untuk sementara kami bandrol dengan harga Rp. 2000 rupiah saja. Terjangkau bukan?” katanya.

Sementara pembimbing ekstrakulikuler (ekskul) KIM SMAN 1 Jatisari, Suharmi S.Pd berencana akan memproduksi makanan kesehatan tersebut tidak hanya di lingkungan sekolah saja. Sebab, Suharmi meyakini produk yang dihasilkan anak didiknya bisa menjadi trend makanan masa kini dan menyaingi produk unggulan yang sudah ada.

“Nanti pihak sekolah akan mengurus izin makanan dan lain sebagainya. Produk ini rencananya juga akan diikutsertakan oleh Disdikpora dalam kegiatan Galaksi tingkat provinsi Jawa Barat (Jabar). Untuk di tingkat Kabupaten, produk ini berhasil menyabet Juara 1 dalam cabang lomba karya ilmiah ramaja tingkat SMA,” pungkasnya. (Panji)

 

Category: Uncategorized
No Response

Leave a reply "Inspiratif, Siswa SMAN 1 Jatisari Ini Ciptakan Produk Makanan Kesehatan dari Buah Mengkudu dan Ice Cream"