Program Siswa Berkarakter, Pelajar SDN Cijaya Sukses Ternak Ikan Lele

 

ikan-lele

Karawang, KTD-  Ada banyak cara memperkenalkan anak tentang cara berwirausaha. Salah satunya seperti yang sudah dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cijaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta. Salah satu sekolah berprestasi di Kecamatan Campaka ini, beberapa bulan terakhir sukses mengajarkan anak didiknya cara beternak ikan lele. Uniknya, kolam tempat budidaya ikan lele itu dibangun sederhana dengan kolam buatan dari terpal, tepat di samping gedung sekolah. Program ternak ikan lele ini juga sebagai bentuk implementasi dari program siswa berkatakter yang diprakarsai oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Kepala SDN Cijaya Kecamatan Campaka, Agus Komar S.Pd menjelaskan, ternak ikan lele di sekolah yang dia pimpin ini sudah berjalan satu bulan lebih. Menurut Agus, ternak ikan lele ini dimulai sejak tanggal 27 September 2016 lalu. Saat itu, pihak sekolah membeli sebanyak 18 kg bibit ikan lele, dimana per 1 kg berjumlah 40 ekor ikan.

"Setelah diternak selama satu bulan, menghasilkan lele konsumsi 1 kwintal. Isi per 1 kg nya ada 8 sampai 10 ekor," ujar Agus, Kamis (3/11) ditemui saat memanen ikan lele hasil ternak siswa SDN Cijaya.

Agus mengatakan, modal awal beternak ikan lele ini relatif murah yakni sekitar Rp 1,2 Juta. Dari modal sebesar itu, setelah dipanen dalam jangka waktu satu bulan akan menghasilkan uang sebedar Rp 2 Juta. "Perkiraan untung bersih sekitar Rp 500 Ribu," ungkap Agus.

Saat ini, SDN Cijaya memiliki dua kolam untuk beternak ikan lele. Kedepan, seluruh pengelolaan ternak ikan lele akan diserahkan kepada siswa kelas IV (enam). Sehingga siswa akan terlatih sejak masih sekolah tentang bagaimana cara berwirausaha, salah satunya dengan berternak ikan lele.

"Kita dari pihak sekolah hanya memberikan arahan saja. Kedepan anak akan mandiri dan mampu berternak ikan sendiri," katanya.

Sementara itu, kata Agus, ikan lele yang sudah dipanen ini juga tidak sulit untuk dipasarkan. Khusus di Kecamatan Campaka, banyak rumah makan dan warung nasi siap menampung untuk membeli ikan lele hasil ternak para siswa. Bahkan kata dia, banyak bandar ikan di wilayah ini juga sudah menawarkan diri siap membeli ikan lele hasil ternak siswa SDN Cijaya.

Agus berharap, ternak ikan lele di lingkungan sekolah ini bisa menjadi pembelajaran bermanfaat bagi seluruh anak didik. Ternak lele di lingkungan sekolah ini juga, kata Agus, merupakan salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Secara tidak langsung, guru sudah mengajarkan kepada anak-anak  agar tidak bergantung kepada produk luar negeri tapi lebih memilih kepada produk lokal.

"Dari hasil ternak ikan, jika dibandingan dengan produk lokal ikan yang dihasilkan tidak kalah jauh dan lebih bergizi,” ungkapnya.

Program ternak ikan lele di SDN Cijaya ini ternyata disambut antusias para siswa. Bahkan siswa kelas enam saling berebut untuk ikut memanen ikan di hari pertama panen kemarin. Siswa juga sempat diberikan pengarahan dari kepala sekolah tentang bagaimana cara beternak ikan lele dengan menggunakan kolam buatan dari terpal.

Salah satu siswa kelas enam, Anjas, mengaku senang bisa belajar banyak tentang bagaimana cara berternak ikan lele. Anjas yang awalnya mengaku takut melihat ikan lele, kini dia menjadi senang karena bisa belajar bersama temannya yang lain di SDN Cijaya. Diketahui, saat ini SDN Cijaya memiliki sebanyak 272 siswa dari kelas I sampai kelas VI. Dengan ternak lele di sekolah, SDN Cijaya mempunyai visi memberi bekal peluang usaha bagi siswa untuk bekal kelak jika sudah terjun di masyarakat.(ega)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Program Siswa Berkarakter, Pelajar SDN Cijaya Sukses Ternak Ikan Lele"