Juara 1 Tari Jaipong Tingkat Nasional, Putri Ingin Konsisten Lestarikan Seni Tradisional

 

 

 

 

Selain dunia tari, Putri juga menyukai dunia fotografi.

Selain dunia tari, Putri juga menyukai dunia fotografi.

Karawang, KTD- Memiliki keinginan untuk melestarikan budaya tradisional warisan leluhur bagi generasi penerus bangsa, merupakan sebuah cita-cita luhur. Ibarat menemukan mata air di padang gersang, minat para anak muda belajar kesenian daerah adalah sebuah gairah baru untuk terus melahirkan fresh guade ditengah maraknya industri kesenian modern. Contoh saja Putri Achsani (16) siswi kelas XI IPA 6 SMAN 5 Karawang yang tiba-tiba melabuhkan cintanya untuk serius menggeluti tari jaipong.

“Meski baru satu tahun latihan tari jaipong, aku sudah terlanjur cinta,” ungkap dara manis yang baru saja meraih Juara 1 Lomba Tari Jaipong tingkat Nasional di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Diwawancarai di sekolahnya akhir pekan kemarin, Siswi yang sempat mengisi acara di D’Accademy Indosiar ini mengaku menyukai dunia tari sejak duduk di bangku sekolah dasar. Namun, katanya, yang ia geluti bukan tari tradisional melainkan tari kontemporer. Menurutnya, tari jaipong lebih indah dari koreografi tari kontemporer manapun. Ia menyadari hal itu sejak mengenal tari jaipong melalui beberapa pertunjukan yang ia saksikan sendiri.

Beginilah aksi Putri Achsani saat menjadi penari jaipong. Keren kan?

Beginilah aksi Putri Achsani saat menjadi penari jaipong. Keren kan?

“Gerakanya luwes, energik dan indah. Saat melihat orang menari jaipong, mata saya dimanjakan oleh gerakan otot tubuh dari sang penari. Itu yang membuat saya kemudian tertarik belajar tari jaipong,” ujar siswi kelahiran 20 September 2000 ini bersemangat.

Ia mengaku ingin tetap konsisten melestarikan kesenian tari jaipong agar tidak punah. Lagi pula, seni tari Jaipong saat ini dianggap kurang peminat, bahkan nyaris tergerus kebudayaan asing. Tak tanggung-tanggung, demi menekuni keseriusanya dalam melestarikan tari jaipong, Putri membuka sanggar tari Sekar Pusvina yang beralamat di Desa Munjul, Curug RT 27/RW 05 Klari, Karawang.

“Buat anak anak muda daripada terjerumus ke hal negatif, mending gabung saja ke sanggar tari saya, hitung-hitung belajar sambil melestarikan kesenian tradisional kebanggaan kita,” ajaknya menutup wawancara. (Panji)

 

 

 

 

 

 

Category: Profil
No Response

Leave a reply "Juara 1 Tari Jaipong Tingkat Nasional, Putri Ingin Konsisten Lestarikan Seni Tradisional"