SMPN 5 Karawang Programkan Gerakan Literasi Sebulan Sekali

gls-2

 

gls-3

 

Karawang, KTD- Melihat dampak positif yang akan ditimbulkan dari adanya gerakan literasi sekolah, Kepala SMPN 5 Karawang, Devi Deliani berencana akan mengadakan gerakan literasi sekolah selama sebulan sekali. Gerakan literasi sekolah adalah gerakan untuk membiasakan murid serta guru agar gemar membaca. Salah satu bentuk nyatanya adalah memberikan waktu 15 menit di pagi hari untuk membaca buku non pelajaran.

“Kegiatan ini akan membawa dampak positif tidak hanya bagi siswa, melainkan juga bagi para guru. Bisa menambah informasi dan pengetahuan karena buku adalah jendela dunia. Gerakan ini dilakukan sebagai amanat undang-undang,” jelas Devi saat diwawancarai setelah menggelar gerakan literasi sekolah, Sabtu (26/11) pagi di sekolahnya.

Devi meyakini dengan adanya kegiatan yang dilakukan rutin selama sebulan sekali tersebut, . Khusus untuk siswa, kata Devi, tidak hanya informasi dan pengetahuan saja yang didapat namun prestasipun akan mengikuti.

“Mereka bisa menggali dan menggiatkan potensi diri sehingga menjadi siswa yang berprestasi dan aktif,” katanya.

Setelah diadakan gerakan literasi sekolah untuk pertama kalinya di SMPN 5 Karawang yang diikuti oleh 1648 siswa ini, jelas Devi, terpilihlah 30 orang siswa yang diberikan tugas untuk menceritakan kembali isi buka yang sudah dibacanya di depan siswa, guru serta orang tua murid.

“1 kelompok terdiri dari 5 orang didampingi oleh 1 guru pembimbing,” pungkasnya. (Panji)

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "SMPN 5 Karawang Programkan Gerakan Literasi Sebulan Sekali"