2648 Perusahaan Komitmen Sukseskan Program Pemagangan Nasional

pn

Karawang, KTD- Sebanyak 2.648 perusahaan di Indonesia ikut berkomitmen dalam mensukseskan program penyelenggaraan pemagangan nasional dengan menyerap 163.848 peserta pemagangan. Enam sector  wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur nantinya akan menjadi tempat pemagangan. Rinciannya, untuk sektor manufaktur 1.776 perusahaan, teknologi informasi dan komunikasi (30), perbankan (12), ritel sebanyak (219), pariwisata (200) dan 411 perusahaan di sektor kelautan dan perikanan.

Presiden Jokowi menyampaikan, di era persaingan global sekarang ini yang semakin sengit, kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan karena disinilah kunci dalam memenangkan kompetisi itu. Termasuk kemampuan Tenaga Kerja Indonesia agar bisa langsung bekerja setelah lulus dari lembaga pendidikan.

“Potensi kekuatan SDM kita sebetulnya cukup besar,  60% dari penduduk Indonesia adalah anak muda. Jumlah tersebut akan terus meningkat hingga mencapai 195 juta penduduk usia produktif di tahun 2040,” ujar Jokowi  saat membuka acara Deklarasi Pemagangan Nasional di Karawang belum lama ini.

Menurut Presiden, kondisi yang ada 50% itu lulusan SD (Sekolah Dasar),  20%  lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan 17%  lulusan SMA/SMK (Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan).

“Itulah yang harus kita tingkatkan kualitas skill, kualitas SDM kita, sehingga keunggulan demografi kita tidak sia-sia,” ujarnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengingatkan perlunya fokus menyiapkan SDM yang berkualitas, yang memungkinkan Indonesia bisa melakukan lompatan kemajuan, mengejar ketertinggalan dengan negara-negara yang lain

“Mayoritas penduduk kita  yang ada disiapkan untuk menjadi aktor-aktor pembangunan, aktor-aktor  inovasi. Jangan sampai bonus demografi kita ini berubah menjadi sebuah kumpulan pengangguran. Ini yang harus kita hindari,  sangat berbahaya sekali,” tutur Presiden. (Panji/Hms)

 

 

 

 

Category: Karawang, Nasional
No Response

Leave a reply "2648 Perusahaan Komitmen Sukseskan Program Pemagangan Nasional"