Yuk Tengok Keseruan Diklat Teater Merput SMAN Karawang

merput 1

Karawang, KTD-  Kalau ada yang masih menganggap ikut pendidikan dan pelatihan (diklat) teater itu menyeramkan, cobalah tengok kegiatan para anggota baru Teater Merah Putih (Merput) SMAN 3 Karawang. Sejak Minggu (22/1) pagi kemarin, para peserta diklat yang merupakan siswa dan siswi kelas X ini justru larut dalam keseruan saat mengikuti berbagai macam materi yang disuguhkan oleh panitia.
Meylinda misalnya, siswi alumni SMPN 2 Telukjambe Barat ini tidak bisa menyembunyikan rasa malu, saat tawaran selfie yang ia minta kepada salah satu pengunjung Lapangan Karangpawitan ditolak mentah-mentah. Tak menyerah sampai situ, ia sempat menawarkan lagi kepada pengunjung lainnya.
“Alhamdulillah ada yang mau selfie sama aku, tapi harus nerima tantangan acting dulu di depan umum. Ya malu sih malu banget,” ucap Meylinda terkekeh. Selain Meylinda, peserta lainnya pun nyatanya tidak bisa dengan mudah mengajak selfie pengunjung. Perlu perjuangan khusus agar permintaanya tersebut dipenuhi. Bahkan ada yang disuruh nyanyi, nangis, dan ekpresi-ekspresi kehidupan manusia pada umumnya.
Ketua Panitia Diklat, Risnawati Sumarlin mengaku memberikan konsep berbeda pada diklat teater merput kali ini. Ia bersama panitia lainnya ingin melatih mental peserta tanpa harus menunjukan kesenioritasan dengan cara dibentak-bentak atau dimarah-marahi. Menurutnya, konsep seperti itu sudah tidak cocok lagi diterapkan pada anak-anak teater jaman sekarang.
“Kalau sekarang itu mana yang menarik maka akan diikuti. Materi yang diujikan untuk para peserta diklat sih sama seperti tahun-tahun lalu, cuma konsepnya saja berbeda. Yang sekarang, kami buat semenarik mungkin dan tidak menjenuhkan,” kata Risna. Selain uji mental mengajak foto selfie, katanya, peserta juga wajib mengikuti psikotest dengan diberikan pertanyaan seputar pribadinya, sehingga secara tidak langsung peserta bersangkutan mau mengungkapkan segala beban yang ada di fikirannya. Selain itu, ada pos-pos materi tentang keagamaan, minat prestasi, kepemimpinan dan keorganisasian.
“Di akhir kegiatan ada permainan yang menguji kekompakan. Di sini peserta dan panitia dituntut untuk berfikir bagaimana cara menyelesaikan masalah secara bersama dan melatih kekompakan dalam satu tim,” ungkapnya. (Panji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Yuk Tengok Keseruan Diklat Teater Merput SMAN Karawang"