Ujian Pendidikan Kesetaraan Beralih Pakai UNBK

UNBK

Karawang, KTD- Ujian nasional pendidikan kesetaraan Paket B dan C tahun ini akan beralih menggunakan  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, melalui Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Disdikpora, Amid Mulyana SE, mencatat ada 10 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang akan melaksanakan UNBK, sementara komputernya akan menggunakan milik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dekat dengan domisili PKBM. 10 PKBM itu yaitu, PKBM Kalihurip Berbagi, Mekar Jaya, Harapan Mulya, Bunda Mutiara, Al Ishlah, Isma Al Mudawamah, Bina Sejahtera, Riksa Ilmu, Aditya dan PKBM Cepat Tepat, jumlah total peserta ujian untuk paket B dari 10 PKBM itu sebanyak 221 orang, sedangkan peserta ujian paket C sebanyak 572 orang.

“Tetapi sebagian masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNPK). Selain itu, ijazah kesetaraan pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C ditandatangani oleh pimpinan satuan pendidikan yang bersangkutan atau satuan pendidikan asal,” jelas Amid, Minggu (12/3).

Kata Amid, sesuai dengan surat Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), maka kedepanya seluruhnya peserta UNPK paket B dan C harus berbasis komputer, ini untuk menghilangkan stigma pendidikan non formal adalah pendidikan rendah dibanding formal. Juga untuk menghilangkan kesan buruk terdapat kualitas dan kompetansi pendidikan kesetaraan Paket B dan C.

"Insya Allah, dengan pelaksanasn UNPK berbasis komputer, secara perlahan akan akan menghilangkan stigma buruk terhadap pendidikan kesetraan," ucapnya.

Selain itu, keberadaan pendidikan kesetraan ini membantu percepatan upaya pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di sektor pendidikan, yaitu Rata-rata Lama Sekolah (RTS) masyarakat Karawang, karena tidak kurang 3.000 orang masyarakat Karawang tiap tahunnya melanjutkan pendidikan melalui jalur non formal ini.

Untuk mewujudkan percepatan peningkatan IPM di sektor pendidikan, maka Pemda Karawang di tahun 2017 ini telah mengucurkan anggaran yang dikemas melalui program Karawang Cerdas, dengan sasaran 5.000 orang yang tidak lulus SMP, SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikannya pada pendidikan non formal Paket B dan C. (Panji)

 

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Ujian Pendidikan Kesetaraan Beralih Pakai UNBK"