Siswi PKL Rawan Tindak Pelecehan, Pulang Magang Malah Berbadan Dua

Karawang, KTD- Praktek Kerja Lapangan (PKL) alias magang yang diikuti siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) rawan tindakan pelecehan. Hal ini diungkapkan Pembina OSIS SMKN 2 Karawang, Yan Sutarya S.Ag. M.M, Selasa (11/4) siang.

Yan mengakui PKL yang diikuti oleh seluruh siswa SMK menjadi fenomena tersendiri dalam dunia kerja, baik lingkup dinas maupun perusahaan tempat para siswi tersebut magang. Bahkan ia sendiri blak-blakan soal peristiwa yang sering terjadi dan dialami oleh siswinya di tempat PKL.
“Ini bukan rahasia umum lagi. Mungkin bukan hanya sekolah saya saja yang siswinya sering mengalami tindakan kurang terpuji. Cuma yang membedakan, ada siswi yang berani bercerita dan berterus-terang, adapula yang malu dan lebih memilih diam tidak menceritakanya ke pihak sekolah. Paling kebanyakan, siswi yang ketakutan itu lebih milih cerita dengan temanya,” ungkap Yan.

Ia juga tidak menampik ada beberapa siswinya yang kedapatan berbadan dua setelah mengikuti kegiatan PKL. Setelah ditelusuri, ternyata siswi tersebut memang menjalin hubungan dengan karyawan di tempat magangnya.
“Kalau sampai kejadian hamil di luar nikah, kami pihak sekolah hanya memposisikan sebagai fasilitator saja. Mempertemukan pihak orang tua dengan karyawan bersangkutan. Setelahnya, itu sudah menjadi urusan pribadi kedua belah pihak. Tapi kebanyakan mereka yang menikah karena hamil duluan, kabarnya pernikahanya tidak langgeng,” beber Yan.

Untuk itu, lanjutnya, Pihak sekolah tidak pernah berhenti mengingatkan kepada para siswi peserta magang agar lebih berhati-hati dan menjaga sikap serta penampilanya. Ia mewanti-wanti siswinya agar tidak mudah termakan bujuk rayu dari seseorang yang punya iktikad tidak baik, sehingga bisa memalukan nama pribadi dan sekolah.
"kadang dari pihak siswi kami juga baik-baik saja, tapi terus menerus dirayu oknum karyawan. Banyak yang keluar dari tempat magangnya karena merasa tidak nyaman," katanya.

Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Siswi PKL Rawan Tindak Pelecehan, Pulang Magang Malah Berbadan Dua"