BEM FISIP Unsika Gelar Musda Ilmispi se-Jabar

Karawang, KTD-  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Singaperbanga Karawang (Unsika) menggelar seminar dan Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik (Ilmispi) Tingkat Regional Jawa Barat dalam rangka mempersiapkan isu kongres Ilmispi tahun 2018 Se-Indonesia, Rabu (10/5).

Iqbal Jalaludin, ketua panitia seminar dan Musda mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap menjelang kongres, kali ini sengaja ditambah seminar untuk memberikan pemahaman tentang kondisi perpolitikan terkini kepada para anggota ilmispi.

“Ini kegiatan yang penting bagi kami, pemahaman politik perlu kami perdalam, jadi diadakan dengan seminar juga,” ungkap Iqbal.

Ia menjelaskan seminar kali ini bertema budaya sebagai strategi ketahanan, sengaja bertema demikian karena keadaan politik sekarang ini sudah menyimpang dari budaya orang Indonesia, sehingga banyak produk-produk politik yang manyimpang dari relnya.

“Kami menerapkan tema demikian dengan banyak pertimbangan,” tuturnya.

Pada Musda dan seminar kali ini sebenarnya BEM FISIP Unsika mengundang 16 universitas se-Jawa Barat, namun yang mengirimkan delegasinya hanya lima universitas saja, meski begitu acara tetap dipadati peserta Musda maupun peserta seminar. Seminar ini diikuti sekitar 270 peserta dari enam universitas  termasuk Unsika sendiri.

Pada seminar kali ini awalnya akan menghadirkan tiga pemateri, yaitu Dedi Mulyadi, Daeng Muhamad, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), dan  Muhamad Afdhal Abdiansyah Dewan Pembina Ilmispi. Namun Dedi Mulyadi berhalangan hadir sehingga hanya dua pemateri yang mengisi acara seminar tersebut. “Kang Dedi sebenarnya terdaftar sebagai pemateri, namun beberapa hari sebelum acara dimulai ia mengkonfirmasi tidak bisa hadir,” katanya.

 

 

Iqbal berharap dengan adanya seminar yang bertemakan budaya sebagai strategi ketahanan mampu membangkitkan semangat masyarakat khususnya pemuda dalam mempertahankan budaya bangsa Indonesia. “Kita harus bangga dengan jati diri kita sebagai orang Indonesia, realisasinya dengan tetap menanamkan budaya yang ada di Indonesia,” pungkasnya. (Panji)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "BEM FISIP Unsika Gelar Musda Ilmispi se-Jabar"