Berkah Mudik Lebaran, Pedagang Musiman Bisa Untung Jutaan Rupiah

Karawang, KTD- Seperti suasana mudik jelang lebaran di tahun-tahun sebelumnya, ratusan pedagang mulai mencari tempat-tempat strategis untuk menjajakan dagangannya kepada para pemudik baik roda dua maupun roda empat, salah satunya di Jalan Lingkar Luar Karawang (Tanjungpura-Klari) atau Jalan Baru.

Para pedagang musiman yang kebanyakan berasal dari warga sekitar mulai membangun tenda-tenda dengan menggunakan rangkaian bambu yang dilapisi atap dari terpal.  Fasilitas tambahan berupa balai dari kayu tersebut sengaja dibangun sebagai sarana para pemudik untuk beristirahat melepas penat dan lelah. Jajanan yang disediakan pun bermacam-macam, mulai dari makanan ringan, minuman, hingga makanan berat yang dapat mengenyangkan perut para pemudik.

Salah satu warga yang berjualan di lokasi tersebut, Sumarni (32), mengaku, ia dan warga lainnya dapat meraup omzet hingga jutaan rupiah per hari, dari hasil berjualan saat arus mudik dan balik lebaran.

"Ya alhamdulillah, bisa sampai Rp 1 juta per hari," ujar Sumarni.

Ia yang merupakan warga Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, membuka warung kopi yang juga menyediakan mie instan selama 24 jam selama arus mudik dan balik lebaran. "Lumayan ramai juga kalau berhenti, rata-rata yang mudik itu rombongan," katanya.

Menurutnya, jalur tersebut memang menjadi tempat favorit para pemudik untuk berisitirahat di wilayah Karawang, sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju kampung halamannya masing-masing.

"Biasanya kalau dari Jakarta itu istirahat pasti di Karawang," katanya.

Ia pun sangat bersyukur, karena momentum mudik dan balik lebaran menjadi pembawa rezeki baginya dan warga sekitar.

"Ada juga yang dari kampung lain, tetapi rata-rata warga lokal dari sekitar Kelurahan Tanjung Pura," katanya. (Panji)

Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Berkah Mudik Lebaran, Pedagang Musiman Bisa Untung Jutaan Rupiah"