Terancam Bangkrut, Sejumlah Hotel Berbintang Banting Harga

Karawang, KTD- Sejumlah hotel berbintang terpaksa banting harga demi bertahan ditengah-tengah lesunya bisnis perhotelan di Karawang. Bahkan, beberapa diantaranya terancam gulung tikar dan berniat hengkang ke luar daerah Karawang. Hal tersebut diungkap oleh Ketua Perhotelan dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Karawang, Gabriel Alexander.
Penghitungan secara survey yang ia sampaikan di awal tahun 2017, tingkat okupasi hotel semester 1  masih sangat miris meski untuk tahun ini, lebih baik dari semester pertama 2016. Untuk tahun ini, kata dia, okupasi hotel masih dikisaran 30-40 % belum merangkak diatas 50%.
“Sedangkan untuk ukuran okupasi hotel sehat diatas 60% . Maka itu bisa dibilang sebagai hotel sehat secara operasional. Saya rasa 95% hotel di karawang tidak sehat,” aku Gabriel saat diwawancarai.
Gabriel menjelaskan penyebab lesunya bisnis perhotelan salah satunya dengan tidak adanya regulasi yang dibuat untuk menjaga keberlangsungan bisnis tersebut.
“Satu contoh dari regulasi itu adalah peraturan soal wajib tinggal untuk ekspatriat. Saat ini, yang tercatat secara legal, jumlah ekspatriat di Karawang berada di angka 3000-an. Tapi mereka tidak tinggal di Karawang. Mereka hanya kerja di Karawang, kemudian untuk tinggalnya di luar Karawang,” lanjut Gabriel.
Jika Pemkab Karawang membuat regulasi soal ini, dimana ekspatriat diwajibkan tinggal di Karawang, maka tingkat hunian hotel-hotel berbintang di Karawang dipastikan meningkat. “Tidak seperti sekarang. Tingkat hunian hotel-hotel berintang di Karawang sangat rendah. Bahkan, kalau dirata-ratakan perharinya, hanya sampai pada 20 persen. Dan jika kondisi ini dibiarkan, hotel-hotel berbintang di Karawang akan bangkrut,” katanya.
Dipaparkan Gabriel, saat ini ketersediaan kamar hotel berbintang di Karawang ada sekitar 2000-an. “Jika para ekspatriat itu wajib tinggal di Karawang, maka tingkat hunian hotel-hotel di Karawang akan mengalami peningkatan. Dengan demikian, para investor perhotelan yang sudah menanamkan modalnya di Karawang tidak akan ‘terbunuh’, malah akan terus bertambah, karena mereka merasa aman berinvestasi,” sambungnya. (Nji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Terancam Bangkrut, Sejumlah Hotel Berbintang Banting Harga"