Mahasiswa KKN Unsika Bantu Warga Cidampa Pasarkan Cemilan Pisang

Karawang, KTD- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (Unsika) Desa Kutanegara 1 tahun 2017 memberikan pelatihan teknik pemasaran produk aneka cemilan pisang dusun Cidampa, desa Kutanegara kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai jual dari hasil bumi pisang sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat yang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani.

“Produk cemilan pisang sempat hits beberapa waktu lalu. Namun karena terkendala masalah pemasaran, produksinya sempat mengalami gulung tikar,” ungkap Ketua Kelompok KKN, Hasna Hasanatun Nashiroh saat diwawancarai, Minggu (3/9) pagi.
Dalam pelatihan tersebut, kata Hasna, kelompoknya lebih memfokuskan sasaran penerima manfaat kepada ibu-ibu PKK desa Kutanegara yang diketuai oleh Ibu Kades setempat.
“Dalam pembuatan produk aneka cemilan pisang yang terdiri dari Teng-Teng pisang dan Chips pisang ini, ibu Nengsih mengajak anggotanya seperti ibu Erni selaku orang yang mengetahui resep dari produk aneka cemilan pisang ini dan anggota lainnya,” katanya.
Hasna mengatakan, program pelatihan yang diikuti oleh puluhan ibu-ibu PKK tersebut sanggup menghasilkan berbagai macam varian pisang diantaranya makanan teng-teng pisang dengan varian rasa seperti rainbow, teng-teng dengan rasanya yang manis, Balado teng-teng yang rasanya pedas manis dan juga Banana Chips/ keripik pisang dengan varian rasa original/ asin, manis, durian, coklat dan nangka.
Terpisah, Dosen Pebimbing Lapangan Mansyur Srisudarso,.M.pd berharap dengan terlaksananya program kerja pelatihan ini, masyarakat setempat dapat melanjutkan program tersebut kedepannya sebagai usaha ekonomi milik kampung
“Semoga bisa berlanjut dan dimanfaatkan. Inovasi-inovasi pembuatan produk harus terus digali, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan mampu menutupi biaya produksi sekaligus memberikan penghasilan yang berlebih buat masyarakat sekitarnya,” jelasnya. (Cr10)

Category: Ekbis, Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Mahasiswa KKN Unsika Bantu Warga Cidampa Pasarkan Cemilan Pisang"