Miris, 368 SD di Karawang Tidak Punya Toilet

Karawang, KTD- Sebanyak 368 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Karawang diketahui tidak memiliki toilet. Tidak hanya itu, meski adapula sekolah yang sudah memiliki toilet, namun jumlah toilet tidak seimbang dengan jumlah siswa yang ada. Lebih miris, banyak pula toilet sekolah yang tidak terpelihara sehingga kondisi infrastruktur toilet begitu memprihatinkan. Angka banyaknya jumlah SD yang tidak memiliki toilet didapat dari data sarana prasarana bidang pendidikan dasar (dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang. 

Kepala Seksi Sarana Prasarana (Kasie Sarpras) Dikdas SD Disdikpora, Cece menyebutkan dari 893 SD, ada 368 sekolah yang diakuinya tidak memiliki toilet. Selain itu, sekolah sisanya belum seluruhnya memenuhi standar kesehatan. Sebab saat ini rata-rata satu SD baru memiliki 2 toilet.
“Itu pun masih ada yang belum sesuai standar kualitas, misalnya kebersihannya, bahannya dan ada sekat pemisah antar WC laki-laki dan perempuan,” kata Cece.
Untuk itu, kata Cece, secara bertahap, pihaknya akan mengusulkan pembangunan toilet di sejumlah SD yang ada. Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan anggaran yang berasal dari anggaran perubahan murni (ABT) tahun 2017 sebesar Rp. 800 juta yang rencananya diperuntukan untuk pembangunan tersebut.
Perlu diketahui, berdasarkan Permenkes 1429/Menkes/ SK/ XII/ 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaran Kesehatan Lingkungan Sekolah menyebutkan beberapa point soal standarisasi kesehatan toilet. Mulai dari letak toilet harus terpisah dari ruang kelas, UKS, ruang guru, perpustakaan, ruang bimbingan dan konseling.
Kemudian, tersedia toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Selanjutnya, proposi jumlah WC adalah satu WC untuk 40 siswa dan satu WC untuk 25 orang siswi. Keempat, Toilet harus dalam keadaan bersih. Kelima, Lantai toilet tidak ada genangan air. Selain itu juga harus tersedia lubang penghawaan yang langsung berhubungan dengan udara luar serta bak penampung air harus tidak menjadi tempat perlindungan nyamuk. (Panji)

Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Miris, 368 SD di Karawang Tidak Punya Toilet"