Usia Bukan Faktor Penghalang Berkarya bagi Guru

Karawang, KTD- Faktor usia jangan pernah dijadikan alasan untuk tidak berkarya. Demikian pernyataan yang disampaikan Yani Turyatni M,Pd salah satu narasumber dalam kegiatan Seminar Diseminasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Workshop Penulisan Karya Ilmiah Bebas Plagiarisme, Sabtu (30/9) pagi di Hotel Karawang Indah.
Yani mengungkapkan, Guru diwajibkan membuat karya ilmiah, dan hasilnya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan si guru itu sendiri. Karena itu, karya tulis menjadi syarat mutlak bagi guru, kepala sekolah maupun pengawas sekolah. Apalagi dalam ketetapan yang berlaku, karya ilmiah sudah menjadi syarat kenaikan pangkat guru dari golongan III/B ke III/C. Langkah ini dilakukan agar para guru sejak dini lebih giat menulis karya ilmiah agar terbiasa.
“Baik dalam proses belajar mengajar maupun perannya dalam masyarakat. Mau tidak mau tenaga pendidik harus mempunyai kemampuan untuk membuat karya ilmiah sebagai persyaratan naik pangkat maupun golongan,” ungkap Yani.
Ia menjelaskan, Karya ilmiah ini tidak hanya syarat kenaikan golongan saja namun demi peningkatan kulitas guru maupun pendidikan. Untuk itu, katanya, hendaknya guru dan pengawas bisa memahami bagaiamana cara dan metode membuat karya ilmiah yang baik dan berkualitas untuk pengembangan karirnya.
“Guru hendaknya memiliki antusias dalam menulis terutama dalam pembuatan karya ilmiah, karena kemauan guru menulis akan meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru, sebab mereka akan senantiasa  terdorong mengumpulkan bahan-bahan tulisan dari  berbagai  sumber terkait  dengan apa yang ditulisnya, kemudian mempelajarinya dan memperdalam ilmu lebih lanjut.
Perlu diketahui, kegiatan seminar yang diadakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang bekerjasama dengan Yayasan Dar El-Falah diikuti oleh ratusan  guru dan pengawas yang terdiri dari 4 kecamatan, yaitu Karawang Barat, Kutawaluya, Pedes dan Rengasdengklok. Adapun selain Yani, pemateri lainnya adalah dari Disdikpora yang dibawakan oleh Kadisdikpora Dadan Sugardan, Pengawas Karawang Barat, H. Nacep Jamaludin dan Pembina Yayasan Dar El-Falah Dr. H. Geis Abad M,Pd. (Panji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Usia Bukan Faktor Penghalang Berkarya bagi Guru"