Tak Miliki Mesjid, Siswa Kesulitan Lakukan Kegiatan Keagamaan

Karawang, KTD- Tidak tersedianya bangunan mesjid di lingkungan SMAN 2 Telukjambe Timur, ratusan siswanya terpaksa harus berbondong-bondong keluar lingkungan sekolah untuk menunaikan segala aktivitas keagamaan.
Kepala SMAN 2 Telukjambe timur, Evi Taufik mengatakan memang untuk sementara para siswa, melaksanakan sholat jum’at di luar lingkungan sekolah. sebab melihat kondisi sekolah yang belum mempunyai bangunan masjid didalamnya.
“Sekolah kita  memang baru juga, jadi masih dalam tahap perencanaan untuk pembangunan masjid sendiri,” ujarnya saat diwawancarai, Selasa (3/10) siang.
Menurut Evi,  memang teramat penting pembangunan masjid di lingkungan sekolah, sebab dari situ kita bisa mengoptimalkan dalam pembentukan karakter siswa, sesuai dengan program pemerintah tentang penguatan pendidikan berkarakter, apalagi ketika melihat mayoritas siswanya muslim, keberadaan bangunan ibadah, dikatakannya, akan sangat dibutuhkan.
“Sebenarnya, untuk sholat sunnah ataupun sholat wajib, para siswa sudah kami coba fasilitasi dengan membuat mushola sementara, jadi mereka tidak perlu lagi keluar lingkungan sekolah, paling hanya sholat jum’at saja,” katanya.
Masih dalam keterangannya, Evi menjelaskan, membangun kedisiplinan melalui masjid seperti solat tepat pada waktunya dan  kultum sebelum jam masuk sekolah, merupakan salah satu cara mendidik kedisiplinan..
“Maka dari itu, nantinya ketika pembangunan masjid di sekolah kami terealisasi, program tersebut akan kami terapkan, dan diharapkan para guru mampu mengetahui masalah yang dialami siswa, karena setiap perilaku menyimpang yang dilakukan siswa pasti memiliki latar belakang kenapa siswa berperilaku seperti itu. Mungkin siswa tidak mau menunaikan solat karena memang tidak diajarkan oleh kedua orang tuanya sehingga mereka tidak mengerti bacaan solat, atau takut menunaikan solat karena ajakan teman, atau juga karena mereka memang malas,” jelas Evi.
Lanjut Evi menjelaskan, bahwa sekolahnya tidaklah diam saja melihat belum adanya masjid didalam lingkungan sekolah, tetapi dirinya sedang mengusahakan pengajuan pembangunan masjid kepada pemerintah pusat.
“Kami juga sedang dalam proses pembuatan proposal yang nantinya akan kami ajukan ke pemerintah pusat di provinsi,” ujarnya. (Cr10)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Tak Miliki Mesjid, Siswa Kesulitan Lakukan Kegiatan Keagamaan"