DPRD Karawang Serius Tuntaskan Raperda Perlindungan Guru

 

Karawang, KTD- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang berniat menuntaskan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan Guru. Demikian ditegaskan Sekertaris Komisi D Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin, Kamis (5/10) siang.
Endang menjelaskan, Pansus Raperda "Perlindungan Guru" adalah inisiatif komisi D yang sudah masuk dalam program legislative daerah (prolegda) tahun 2016.
“Alhamdulillah, kini waktunya membereskan pekerjaan rumah kami dikomisi D yang dalam waktu dekat akan menuntaskan salah satu targer yaitu mengubah  sistem penyelenggaraan pendidikan No 8 Tahun 2009 menjadi Perda No. 3 Tahun 2017 tentang sistem Penyelenggaraan Pendidikan Kab Karawang yang sudah di-undangkan dan menjadi perda definitive, sehingga kami selalu dorong agar segera di tindaklanjuti peraturan turunannya, yaitu berupa peraturan bupati,” jelas Endang.
Kata Endang, raperda perlindungan guru adalah inisiatif dan upaya konkret komisi D dalam menempatkan dan memuliakan para guru setinggi tingginya.
“Upaya memberikan perlindungan terhadap guru meliputi Perlindungan Hukum, Perlindungan Profesi, Perlindungan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Perlindungan hak atas kekayaan intelektual, 4 point itu adalah pilar perlindungan Guru yang sedang kami perjuangkan,” tegasnya.
Sebelumnya, Ketua PGRI Karawang, Nandang Mulyana mendesak Pemkab  untuk memberikan perlindungan maksimal kepada guru agar proses belajar mengajar bisa berjalan lebih baik. Seperti diketahui, saat ini marak persoalan guru dan siswa yang kontradiktif di lapangan ketika guru melaksanakan kedisiplinan dan hak-hak anak disana terlanggarkan hingga kemudian guru dipermasalahkan.
"Padahal kalau melihat dari Undang-Undang guru dan dosen di dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2015, pasal 39 bahwa perlindungan guru dan dosen jelas dilindungi oleh pemerintah, organisasi profesi termasuk pihak lain yang memiliki kepentingan dimana guru dapat melaksanakan tugasnya dengan aman, tentram, dan tidak ada intimidasi apalagi kecaman. Namun disatu sisi ketika guru melaksanakan tugasnya ada hak-hak anak yang dilanggarkan akhirnya guru dibawa ke ranah hokum” ungkap Nandang. (Panji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "DPRD Karawang Serius Tuntaskan Raperda Perlindungan Guru"