Kisruh Cover Lagu Orang Lain di Youtube, Hak Cipta Jadi Solusi

Karawang, KTD- Cover lagu-lagu hits kini semakin marak khususnya di media sosial. Semua orang bisa secara mudah menyanyikan lagu dengan musik yang sama lantas diunggah di beragam akun media sosial, salah satunya Youtube.

Hal ini disambut baik oleh beberapa penyanyi Tanah Air, salah satunya adalah Danilla Riyadi. Kendati demikian, ada sesuatu yang membuatnya resah terlebih soal hak cipta.

"Sebetulnya kami butuh perlindungan hak cipta dan hal semacamnya, cuma disatu sisi ini memang era digital yang internet itu udah gila-gilaan, kalau mau diambil positif nya itu promo, ya mereka," ungkapnya saat dijumpai di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Subscribe-nya tuh gila gilaan itu, kalau mau dibilang itu promo apa ya mereka mau mengambil keuntungan dari seniman itu sendiri gitu untuk badan yang lebih badan yang bisa ngelindungi karya karya kita gitu karena di Indonesia seniman bukan kayak pegawai bank yang dianggap kayak gimana gitu tapi untung sih makin kesini kayaknya udah lumayan ada gagangnya lah buat kita disini," tambahnya.

Selanjutnya pelantun lagu Buaian mengaku tak punya masalah ketika lagunya di-cover oleh sejumlah orang. Hal terpenting baginya adalah tidak dijadikan pihak yang rugi karena cover lagu tersebut.

Diakui panyanyi berusia 27 tahun ini bahwa banyak penyanyi yang masih enggan jika harus mengurus hak cipta untuk karya mereka. Danilla pun mengaku menjadi salah satu di antara penyanyi yang belum mengurus hak cipta untuk beberapa lagunya.

"Kalau di-cover sih gue masih santai cuma kalau diambil keuntungan itu agak deg-degan ya agak kayak ini basic income gue diambil tapi ya udahlah gimana lagi cuma kayak toh aku juga enggak ada badan yang ngelindungi aku, aku juga ada beberapa lagu yang memang harus dilindungi jadi aku ngerasa ya salah kamu sendiri sih dan tapi mesti didaftarin sih," jelas Danilla.

"Solusinya iya harus ada hak cipta. Udah ada badannya kan sekarang cuma musisi masih terbiasa dengan sistem yang lama ya udah ciptain lagu cipatain aja ketatnya sekarang kita belum terbiasa," tutup wanita bernama lahir Danilla Jelita Poetri Riyadi tersebut. (Panji/Net)

 

Category: Ekbis, Karawang, Life Style
No Response

Leave a reply "Kisruh Cover Lagu Orang Lain di Youtube, Hak Cipta Jadi Solusi"