Tak Pernah Direnovasi, Dua Bangunan PKBM Nyaris Ambruk

Karawang, KTD- Dua unit bangunan sekolah di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harapan Bangsa di Desa Balong Gandu Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang terlihat memprihatinkan. Selain tampak kumuh, bangunan sekolah tersebut juga sudah hampir ambruk. Tembok banyak yang sudah retak. Cat-cat juga banyak yang terkelupas. Kusen kayu baik di pintu dan jendelanya mulai keropos di makan rayap. Atap plafon kelas juga kerap bocor saat hujan maupun rembesan air yang tak diketahui dari mana asalnya. Akibat kondisi tersebut, kegiatan belajar mengajar siswa pun menjadi terkendala.

Salah satu siswa PKBM Harapan Bangsa, Dariyah mengeluhkan kondisi bangunan yang berantakan, sehingga membuat banyak siswa tidak nyaman. Para siswa, menurutnya terpaksa melaksanakan KBM dengan ruangan yang kumuh.
“Tidak ada pilihan lain buat kami untuk belajar. Semoga dinas terkait bisa memberikan bantuan secepatnya,” ungkap Dariyah saat diwawancarai, Selasa  (17/10).
Di tempat yang sama, pengelola sekolah, Asep Solihin mengaku untuk sementara terpaksa memindahkan siswa PKBM ke bangunan yang lokasinya tidak jauh dari lokasi bangunan semula. Alasan tersebut diambil sebagai bentuk kepedulian agar tidak terjadi insiden buruk yang akan menimpa para siswa.
“Ya terpaska sementara dipindahkan. Saya tidak mau ambil resiko,” kata Asep.
Asep juga mengaku sudah pernah mengajukan bantuan renovasi bangunan melalui proposal kepada Dinas Pendidikan Pemud dan Olahraga. Namun, sampai saat ini, proposal tersebut belum ada jawabanya.
“Dari mulai digunakan untuk kegiatan belajar sampai sekarang belum pernah mendapatkan bantuan. Proposal juga sudah lama diajukan tapi tidak pernah direspon,’ pungkasnya. (Panji)
Category: Karawang, Peristiwa
No Response

Leave a reply "Tak Pernah Direnovasi, Dua Bangunan PKBM Nyaris Ambruk"