“Krawang Bekasi” Bawa Teater Merput Juarai Lomba Dramatisasi Puisi

Karawang, KTD- Teater Merah Putih SMAN 3 Karawang sukses meraih predikat sebagai Juara 1 lomba Dramatisasi Puisi antar SMA/SMK se Karawang yang diadakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, Minggu (29/10 sore kemarin. Teater Merput berhasil menampilkan pementasan puisi “Karawang Bekasi” karya Chairil Anwar yang dikolaborasikan dengan drama adegan pembantaian Rawagede yang terjadi puluhan tahun silam.
Ketua Teater Merput, Meylinda mengaatakan prestasi yang sudah diraih adalah hasil dari kerja keras selama proses latihan. Meskipun awalnya sempat pesimis karena kurangnya jumlah anggota teater yang akan tampil, namun berkat semangat dari seluruh anggota, kepercayaan diri beberapa hari jelang perlombaan tumbuh kembali. Ia mengaku bangga dan senang Teater Merput bisa memberikan sumbangsih prestasi untuk sekolah.
“Penghargaan ini kami dedikasikan untuk SMAN 3 Karawang, Guru-guru kami, orang tua dan para alumni teater. Ini juga waktunya pas dengan peringatan hari sumpah pemuda. Ya ini persembahan kami para pemuda Teater Merput,” ungkap Meylinda.
Pelatih Teater Merput SMAN 3 Karawang, Panji Mayza Perdana menjelaskan konsep pementasan dramatisasi puisi yang dibawakan oleh anak didiknya diambil dari kisah heroik para perempuan yang kehilangan sanak saudaranya pasca terjadi pembantaian Rawagede, hingga menelan korban jiwa 431 orang terdiri dari laki laki dewasa dan remaja.
Menurut Panji, puisi Karawang-Bekasi tak bisa dipisahkan dari tragedi Rawagede di Kabupaten Karawang., Selasa (9/12/1947) subuh. Pembantaian massal yang dilakukan oleh 3 kompi pasukan belanda tersebut, merupakan bentuk penghormatan Chairil Anwar terhadap korban tragedi itu. Terhadap anak anak yang kehilangan bapaknya, janda janda yang kehilangan suaminya, perempuan-perempuan yang kehilangan sanak saudaranya, tanah yang kehilangan para lelakinya.
Dalam pementasan kali ini, Teater Merah Putih mencoba memberikan pesan kepada seluruh generasi muda agar terus menyalakan semangat kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pahlawan Indonesia dan menanamkan rasa cinta tanah air setinggi-tingginya. (Panji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "“Krawang Bekasi” Bawa Teater Merput Juarai Lomba Dramatisasi Puisi"