Lomba Bulan Bahasa SMAN 4 Karawang Diikuti Ratusan Siswa

Karawang, KTD- Antusias pelajar SMAN 4 Karawang dalam mengikuti kegiatan lomba menyambut Bulan Bahasa dan peringatan sumpah pemuda sangat tinggi. Tercatat sebanyak 500 siswa ikut berpartisipasi menjadi peserta dalam berbagai cabang perlombaan yang digelar.

Ketua EO acara, Ahmad Maulana mengatakan kegiatan perlombaan peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda dilaksanakan untuk memancing keikutsertaan para siswa agar mau menjadi peserta. Ahmad mengaku, antusiasme siswa yang begitu tinggi terhadap perlombaan tersebut, cukup mengagetkan.
"Awalnya panitia tidak membatasi jumlah peserta yang akan ikut lomba. Namun berhubung yang daftar banyak, akhirnya kami batasi. Ini cukup mengagetkan, karena di tahun-tahuh sebelumnya, siswa jarang sekali mau ikut serta memeriahkan lomba serupa," aku Ahmad, Selasa (31/10) pagi.
Ia melanjutkan, berbagai perlombaan yang diadakan dalam kegiatan tersebut antara lain Lomba Baca Puisi, Lomba Baris-Berbaris, Kreasi Literasi, Debat Bahasa Indonesia, Singing Contest dan Biantara.
"Siswa yang menang akan mendapatkan piala dan piagam," katanya.
Sementara Pembina OSIS SMAN 4 Karawang, Indri Muhtar Hadi menambahkan, selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa, juga untuk meningkatkan bakat siswa dalam bidang bahasa dan sastra. Oleh sebab itu, lomba yang diadakan bernuansa bahasa dan sastra.
“Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah mengenai Gerakan Literasi Sekolah (GLS),” ujar Hadi.
Ia menjelaskan, pihaknya sengaja mengelar kegiatan apresiasi Bulan Bahasa sebagai upaya peningkatan minat baca di bidang literasi bagi kalangan pelajar.
“Selain sebagai salah satu gerakan literasi, kegiatan ini bertujuan pula untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda diperingati pada tanggal 28 Oktober  kemarin” jelasnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, dengan diadakannya apresiasi Bulan Bahasa diharapkan para pelajar SMAN 4 Karawang ini dapat mengasah kemampuan berbahasa, mahir dalam menggunakan bahasa yang dikuasai dan mampu membangkitkan semangat lieterasi bagi generasi muda saat ini.
 “Kegiatan ini dinilai sangat positif karena selain bisa menjadi wadah kreativitas, siswa juga bisa lebih terpantau. Selain itu hal-hal negatif seperti tawuran tidak terjadi. Bahkan kami yakin dapat memunculkan moral positif tidak ada lagi kasus-kasus kebrutalan yang terjadi di luar sekolah,” terangnya. (Panji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Lomba Bulan Bahasa SMAN 4 Karawang Diikuti Ratusan Siswa"