Mungkinkah Terbentuk Koalisi PDI Perjuangan dan PKS di Pilgub Jabar?

 

 

Karawang, KTD- PDIP dan PKS mewacanakan untuk menjalin koalisi di Pilgub Jabar 2018. Kedua partai sudah saling memberikan kode untuk bersama-sama membangun kekuatan di pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Contohnya saja saat peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar PDIP. Saat itu Ketua DPD PDIP Jabar TB Hasanudin memuji Netty Prasetyani istri dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan cantik karena menggunakan kerudung merah.

TB dalam kesempatan itu juga berharap penampilan Netty bisa menjadi awal segalanya. Netty juga menyatakan tidak menutup kemungkinan partainya menjalin koalisi dengan PDIP, namun tergantung lobi-lobi elite partai di tingkat pusat. Lalu apakah kode-kodean antara kader beda partai ini menjadi isyarat untuk membangun koalisi di Pilgub Jabar?

Pengamat politik Firman Manan memandang koalisi beda ideologi ini sulit terwujud. Karena karakteristik Jabar berbeda dengan Jatim dan Sulsel di mana kedua partai tersebut menjalin koalisi. Bahkan menurut Firman koalisi antara PDIP-PKS terlalu berisiko.

"Kalau gabung nanti jadi masalah. Soalnya ini hal yang kontraproduktif. Asalnya pemilih tradisional (fanatik PKS) akan mengalihkan dukungan," kata Firman, saat dihubungi, Selasa (31/10/2017).

Dia mencontohkan pada momen Pilgub Jabar 2008 dan 2013 dimana PKS dan PDIP menjadi partai yang bersaing ketat memperebutkan kursi Jabar satu. Namun

akhirnya PKS secara berturut-turut memenangkan Ahmad Heryawan menduduki Jabar satu selama dua periode.

"Selama ini Jabar diwarnai dengan pertarungan nasionalis dan Islam. Pada 2008 dan 2013 Jabar dikuasai PKS. Sehingga kalau gabung bisa jadi masalah," ucap Firman.

Sehingga dia meyakini koalisi PDIP dan PKS sulit terwujud di Jawa Barat. Pasalnya, tambah dia, kedua partai ini berpotensi ditinggalkan simpatisannya bila benar-benar berkoalisi.

"Sulit terwujud, karena kalau dalam konteks pemenangan, ini risiko. (Simpatisan) loyal dan tradisional bisa mengalihkan dukungan (kalau benar berkoalisi)," tandasnya. (ist)

Category: Politik
No Response

Leave a reply "Mungkinkah Terbentuk Koalisi PDI Perjuangan dan PKS di Pilgub Jabar?"