Media Digital dan Narkoba, Ancaman Generasi Muda Milenial

Karawang, KTD- Tak bisa dipungkiri saat ini eksistensi media digital semakin tak terbendung menyasar para pengguna mulai dari orang dewasa maupun remaja, termasuk anak-anak. Selain itu, peredaran dan penyalahgunaan narkoba juga telah mencapai titik nadir. Bangsa ini makin tergerus nilai-nilai kesadaran serta akal nuraninya.

“Generasi muda kita saat ini menghadapi musuh yang berbeda dibandingkan dengan para pahlawan kemerdekaan yang harus berjuang melawan penjajah kolonial Belanda. Saat ini musuh para generasi muda adalah permasalahan-permasalahan trend seiring berkembangnya tehnologi seperti internet dan narkoba,” ungkap Kepala SMAN 4 Karawang, H. Yuhana saat diwawancarai dalam kegiatan peringatan Bulan Bahasa di sekolahnya, Selasa (31/11) pagi.
Menurut Yuhana, teknologi digital memang telah membuat sebuah revolusi dihampir segala aspek. Bahkan tren ini terjadi dalam skala global tidak terkecuali di Republik Indonesia. Namun faktanya, virus radikalisme dan kekerasan hingga salah pergaulan justru tumbuh melalui penyebaran konten di media social yang bisa dikonsumsi secara mudah,
“Inilah yang saya anggap sebagai ancaman besar generasi milenal sekarang. Sekarang melawan penjajahan bukan lagi menggunakan senjata namun mental dan akhlak,” kata Yuhana.
Untuk itu, ia mengharapkan anak didiknya agar terus menanamkan nasionalisme yang tinggi dengan cara meneladani sikap dan sifat patriotisme yang dimiliki oleh para pahlawan. Katanya, Pahlawan adalah sosok yang penuh optimisme, meski mereka sendiri tidak akan melihat bagaimana kesuksesan yang akan diraih oleh bangsa ini. Mereka merasa tidak memiliki harga bila dibandingkan dengan harapan yang ada di masa depan. Nilai bijaksana seperti ini tentu akan sulit dipahami terlebih diteladani bagi generasi saat ini yang cenderung mengedepankan kepentingan pribadi bahkan cenderung narsis.
“Generasi muda merupakan penerus pembangunan bangsa dan negara. Di tangan merekalah nantinya estafet atau kelanjutan masa depan bangsa ini diwariskan. Jika generasi mendatang yakni generasi muda sekarang tidak siap bahkan telah digeregoti dampak buruk narkoba maka bisa diprediksi masa depan bangsa akan terjerambab dalam jurang kehancuran,” ujarnya. (Panji)
Category: Profil
No Response

Leave a reply "Media Digital dan Narkoba, Ancaman Generasi Muda Milenial"