Keren! Pemilihan Ketos SMKN 1 Karawang Gunakan Sistem Online

 

Karawang, KTD- Pemilihan Ketua OSIS melalui sistem daring (online) sudah mulai diaplikasikan dalam dunia sekolah. Selain sebagai trend baru, sistem online ini terbukti menjadi magnet para siswa mendatangi tempat pemilihan, yaitu kelas yang sudah disediakan puluhan komputer. Di SMKN 1 Karawang, hampir seluruh siswa yang berjumlah 3000 orang tersebut terdata menjadi pemilih dalam pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS, Jumat (23/11) kemarin.

Pembina Mental dan Karakter Siswa SMKN 1 Karawang, Deden Hamdani mengatakan, pihak sekolah sangat mendukung gebrakan baru tersebut dengan menyediakan 2 kelas dengan fasilitas 40 buah komputer di tiap kelasnya. Deden menyatakan, sistem daring dalam pemilihan Ketua OSIS sudah dilakukan sejak dua tahun lalu.

"Di tahun kedua ini, kami pihak sekolah bekerja sama dengan ekskul Pengguna Aplikasi Digital (PAGI) mencoba berinovasi mengubah beberapa konten aplikasi, agar tampilan terlihat lebih menarik dan praktis, sehingga saat siswa membuka konten itu, mereka merasa sedang berselancar di dunia maya," ungkap Deden saat diwawancarai.

Deden mengaku, pihak sekolah juga ikut andil dalam menentukan bakal calon (balon) Ketua OSIS dengan cara menyeleksi siswa melalui psikotest.

"Pihak sekolah melihat visi misi dari masing masing calon terhadap sekolah. Dari situ, kami tim kesiswaan bisa mengetahui bagaimana siswa itu ke depan bisa menyikapi sebuah masalah, bagaimana menciptakan karakter pribadi sehingga nanti bisa memberikan keteladanan buat seluruh siswa di sekolah," jelas Deden.

Sementara sebagai Ketua OSIS terpilih SMKN 1 Karawang, Rizki Fadli mengaku cukup bangga karena berhasil menyisihkan ke tujuh balon pasangan yang kemudian setelah melalui tahap seleksi, mengerucut menjadi 3 pasangan calon (Paslon). Dari ke- 3000 pemilih, Siswa kelas 11 TKJ 3 ini berhasil unggul dengan perolehan 39% suara. Sedangkan 2 paslon lainnya 37% dan 24% suara. (Panji)

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Keren! Pemilihan Ketos SMKN 1 Karawang Gunakan Sistem Online"