Disdikpora Gelar Sosialisasi Finalisasi DAK 2018

Karawang, KTD- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menggelar Sosialisasi Finalisasi Dana Anggaran Khusus (DAK) 2018, Jumat (25/11) pagi di RM Sindang Reret. Karawang Barat. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri seluruh Kepala Sekolah (kepsek) SD se Kabupaten Karawang.

Kepala Seksie Sarana Prasarana (Kasie Sarpras) Pendidikan Dasar (Dikdas), Cece menceritakan, tanggal 6-9 november lalu, pihaknya mendapat undangan dari Kementrian Pendidikan Dasar (Kemendikdas) terkait sinkronisasi dan finalisasi bantuan DAK 2018. Pembahasan tersebut dipaparkan oleh pihak Kemendikdas di hadapan seluruh Dinas Pendidikan regional 1 yang terdiri dari Sumatra, Jawa, Kalimantan.
“Dari pembahasan tersebut, kita mendapatkan 4 bantuan kegiatan diantaranya untuk rehab ruang kelas, Ruang Kelas Baru (RKB), pembuatan jamban guru dan siswa dan koreksi perpustakaan. Untuk rehabilitasi 116 ruang kelas untuk 38 sekolah, untuk RKB mendapatkan 34 ruang kelas yang dikomposisikan untuk 16 sekolah dan mendapatkan lagi sebesar 79 paket 1 sekolah mendapat 1 paket untuk 79 sd. Perpustakaan 67 paket untuk 67 sekolah,” beber Cece
Jadi, lanjut Cece, untuk 4 program ini mendapatkan anggaran 24,8 Miliar rupiah dengan bentuk bantuan yang digelontorkan adalah bantuan swakelola. Hal hal yang sudah sesuai dengan data, yang sudah dikirim oleh pihak sekolah ke dapodik, katanya, mudah mudahan tidak berubah. “Karena penetapan SK- nya di kemendiknas. Hasil rencana ini sebagai tolok ukur tidak ada perubahan lagi. Mudahan mudahan tepat sasaran. Apalagi sekolah sudah mendapat bantuan, diharapkan tertib administrasi, tertib pertangung-jawaban dan uang harus dikelola dengan sebaik-sebaiknya.
Ia mengatakan, pihaknya akan terus memonitoring dan memverifikasi tentang rencana bantuan DAK, sesuai instruksi dirjen pendas sekolah yang sudah diaplikasi DAK harus dilakukan tata kelola.
“Disdik akan membagi tim terdiri dari tim disdik, smk jurusan pembangunan dan konsultan disdikpora untuk menghitung nilai kerusakan,” katanya. (Panji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Disdikpora Gelar Sosialisasi Finalisasi DAK 2018"