PGRI Klaim 32 Ribu Guru Hadiri HGN ke-72

Karawang, KTD- Puluhan ribu guru se-Indonesia hari ini berkumpul di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat. Mereka semua akan mengikuti peringatan HUT ke-72 PGRI dan Hari Guru Nasional.

Acara ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. Pantauan kumparan (kumparan.com), Jokowi yang memakai kemeja batik PGRI lengan panjang tiba di lokasi pada sekitar pukul 08.56 WIB. Jokowi didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Acara ini diawali dengan menyenyikan lagu Indonesia Raya dan disusul dengan tari-tarian daerah, mulai dari Sabang hingga Merauke.
Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi, mengklaim ada sekitar 38 ribu guru yang hadir dari seluruh Nusantara. "Kami mengundang 32 ribu (guru) tapi terdaftar masuk ke stadion 38 ribu. Kemudian ada 40 bus yang tak bisa masuk (merapat ke Jakarta) karena cuaca ekstrem di Lampung. Lalu Bali juga tak bisa datang karena Gunung Agung serta Pontianak juga," kata Unifah di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/12).
Ia berharap dalam usianya yang ke-72 ini, PGRI bisa menjadi lokomotif perubahan dalam dunia pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, dia berharap para guru bisa meningkatkan disiplin diri dan etos kerja.
"Jadi judulnya kesadaran kolektif guru untuk tingkat disiplin diri dan etos kerja. Sebab itu merupakan kunci pendidikan karakter," lanjut dia.

Pada peringatan ini, Unifah menyebut pihaknya akan menyampaikan 3 hal kepada Presiden Joko Widodo terkait persoalan yang dihadapi guru saat ini. Tiga persoalan itu antara lain tunjangan profesi, tata kelola guru, dan kedaulatan guru.
Ia berharap pemerintah bisa memperbaiki nasib guru ke depannya. "Pemenuhan kebutuhan guru untuk pengangkatan diharapkan ada keberpihakan pada guru tidak tetap maupun dari guru daerah tertinggal," ucap Unifah. (Panji)

Category: Peristiwa
No Response

Leave a reply "PGRI Klaim 32 Ribu Guru Hadiri HGN ke-72"