Pelajar Empat Sekolah Meriahkan Pagelaran GSMS

Karawang, KTD- Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang dilaksanakan di Kabupaten Karawang sejak tiga bulan lalu diakhiri dengan sebuah pagelaran yang mengesankan berupa pementasan teater, seni tari tradisional dan padalangan, Rabu (19/12) di Gedung PGRI Karawang. Pagelaran tersebut sukses dilaksanakan dan berjalan lancar serta meriah. Para peserta yang terlibat terdiri dari para pelajar yang berasal dari 4 sekolah, sebagai pilot project kegiatan GSMS, yaitu SDN Adiarsa Barat, SMPN 1 Karawang Barat, SMKN 1 Karawang dan SMPN 1 Klari.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Karawang, H. Taswan mengatakan dalam sambutanya, berbicara tentang seni, juga berbicara tentang kreativitas dan harapan. Saat ini, kata Taswan, generasi muda lemah akan nilai budaya dan keberagamaan. Maka jangan heran, generasi muncul dengan beringas dan tak ada nilai.
“Dari kegiatan ini kita berharap bisa melahirkan generasi dengan karakter yang semakin baik,” kata Taswan.
Sementara Kepala SMPN 1 Karbar, Rukmana menjelaskan, para seniman yang sudah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah melakukan proses pelatihan sejak 3 bulan lalu. Dalam keikutsertaan anak didiknya di kegiatan tersebut, pihak SMPN 1 Karbar menampilkan pertunjukan Teater dengan naskah “Bebegig”.
“Dalam kegiatan GSMS, sekolah hanya menyediakan siswa, tempat serta asisten seniman yang berasal dari guru di sekolah itu. Selebihnya untuk masalah pelatihan, 100 persen dilakukan oleh seniman-seniman yang sudah ditunjuk oleh Disdik Jabar,” jelas Rukmana.
Rukmana mengaku selama menyaksikan pertunjukan, ia begitu menikmati sajian yang dipentaskan oleh para pelajar baik dari siswanya maupun dari sekolah lain. Ia berharap, pertunjukan yang ditampilkan di pagelaran tersebut bisa pula ditampilkan di kegiatan kegiatan lainnya. (Nji)
Category: Budaya, Budpar, Karawang
No Response

Leave a reply "Pelajar Empat Sekolah Meriahkan Pagelaran GSMS"