Ketertarikan Pelajar SMAN 4 Karawang Lanjutkan Kuliah Meningkat

Karawang, KTD- Dari tahun ke tahun, ketertarikan para pelajar SMAN 4 Karawang untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi selepas lulus sekolah meningkat. Data peningkatan tersebut didapat sekolah saat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) yang digelar oleh Ikatan Alumni SMAN 4 Karawang (Ifatkar) belum lama ini.

"Dari tahun ke tahun memang ada peningkatan. Dulu, siswa kami hanya sekitar 17 persen yang punya minat melanjutkan pendidikan di tingkat atas. Sisanya lebih memilih bekerja. Kalau sekarang, minat untuk kuliah naik sekitar 50 persen," ungkap Bagian Kesiswaan SMAN 4 Karawang, TettiMarina Dalimunthe, Selasa 30/1) pagi.

Tetti mengatakan, kegiatan sosialisasi try out SBMPTN yang dilaksanakan oleh Ifatkar dimaksudkan untuk memberi wawasan kepada para siswanya, terutama pelajar kelas XII. Mereka dua atau tiga bulan lagi akan menghadapi masa kelulusan.

“Mereka perlu dibekali sedikit wawasan tentang penyelesaian soal-soal SBMPTN, sekaligus dikenalkan profil sejumlah Perguruan Tinggi Negeri. Tujuannya agar pelajar bisa punya pilihan, PTN mana yang cocok dengan keinginan dan kemampuannya,” kata Tetti.

Selanjutnya, kegiatan try out seperti ini sangat membantu para siswa. Paling tidak mereka punya pengetahuan tentang soal-soal tes masuk perguruan tinggi negeri.

Sementara, salah satu siswa, Devi Saputra (12 IPA2) mengatakan, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena tidak hanya mendapat contoh-contoh soal yang akan di ujikan tetapi juga bisa mengetahui profil beberapa perguruan tinggi negeri favorit yang diidolakan.

“Sangat senang dan sangat terbantu sekali dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kakak-kakak dari alumni, ini merupakan pembekalan yang penting bagi kami sebelum ikut tes yang sesungguhnya nanti, “ungkap Devi

Senada, siswa lainnya, Tharisya Nur Syawalina Suryana mengaku materi sosialisasi bisa tersampaikan dengan baik. Selain itu, ia juga bisa menanyakan banyak hal terkait kampus yang ingin ia masuki.

"Kebetulan kemarin ada yang dari Unpad. Aku kan kepengen masuk sastra jepang. Jadi banyak tau tentang kampus dan jurusanku itu," ucapnya. (Nji)

Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Ketertarikan Pelajar SMAN 4 Karawang Lanjutkan Kuliah Meningkat"