Maknyos! Sajian Nusantara Kreasi Siswa SMANTIKA yang Bikin Ketagihan

Karawang, KTD- Puluhan macam aneka makanan tradisional khas nusantara, dipamerkan dan dijajakan oleh para pelajar SMAN 3 Karawang (SMANTIKA), Selasa (20/2) pagi. Tenda tenda dihias sedemikian rupa guna menarik pengunjung yang penasaran dengan hasil karya para siswa tersebut. Konsepnya pun cukup unik. Pengunjung yang akan membeli makanan, harus membeli kupon kepada panitia. Pengunjung tinggal memilih saja kupon mana yang mau dibeli. 1 kupon ada yang seharga 3000, 5000 sampai 10.000 bergantung dari harga setiap makanan yang dipatok tiap stand-nya.

Kepala SMAN 3 Karawang, Asep Mulyana menjelaskan, program kewirausahaan yang diawali dari sosialisasi kepada warga sekolah, in house training cara berwirausaha dan menghasilkan produk yang benar agar para siswa memiliki jiwa kewirausahaan. 
“Semua yang dilakukan puncaknya pada bazar kewirausahaan ini, semua yang ditampilkan merupakan produk siswa, Alhamdulillah sangat diminati oleh konsumen disekitar area sekolah” jelas Asep saat diwawancarai.
Kepada siswanya, Asep berharap supaya mental sebagai wirausaha ditingkatkan, supaya siswa tidak hanya berpikir untuk menjadi PNS, tetapi mampu membuka lapangan kerja lokal dan diharapkan dapat menurunkan kriminalitas di level pemuda, supaya lebih kreatif dan inovatif.
Sementara Ketua Pelaksana, M. Fajri Reznandya Sugandi mengatakan kegiatan ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh anggota OSIS dalam rangka tugas praktikum mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Kata Fajri, bazar ini merupakan pagelaran kedua setelah tahun lalu sukses menggelar bazaar serupa.
“Alhamdulillah acara berlangsung sangat meriah, selain memasarkan produk karya siswa, ada persembahan seni budaya tari dan acara hiburan. Masing-masing kelompok usaha siswa terlihat begitu antusias memasarkan produk mereka, mulai makanan, minuman dan aneka makanan lainnya,” kata Fajri. (nji)
Category: Karawang, Pendidikan
No Response

Leave a reply "Maknyos! Sajian Nusantara Kreasi Siswa SMANTIKA yang Bikin Ketagihan"