Ratusan Siswa SMPN 3 Karbar Diberi Penyuluhan Kenakalan Remaja dan Bahaya Narkoba

Karawang, KTD- Ratusan Siswa SMPN 3 Karawang Barat (Karbar) diberikan penyuluhan oleh Polisi Sektor Karawang Kota terkait kenakalan remaja dan tata tertib berlalu-lintas, Kamis (22/3) pagi. Hal itu dilakukan pihak SMPN 3 Karbar mengingat banyaknya perilaku kriminal yang dilakukan oleh remaja.

Martika Aprianti S.Pd selaku pembina osis didampingi Sudarsono M.Pd selaku wakasek kesiswaan mengatakan, penyuluhan ini diberikan agar seluruh siswa dan siswi memahami tentang bahaya dari bentuk kenakalan remaja seperti tawuran dan pergaulan bebas. Penyuluhan tersebut diberikan kepada siswanya untuk mencegah masuknya narkoba dikalangan siswa. Dan sekaligus memberikan pemahaman betapa bahayanya menggunakan narkoba dikalangan pelajar untuk masa depan siswa. Selain itu juga diberikan himbauan terkait tertib berlalu lintas, kenakalan Remaja, dan stop penyalahgunaan narkoba dikalangan Pelajar demi menyelamatkan generasi muda.
"saat ini di usia remaja sangat mudah dan percaya dengan bujukan ataupun ajakan yang diberikan oleh kelompok orang yang belum dikenali. Dengan adanya penyuluhan ini seluruh siswa dan siswi jangan mudah terpengaruh dengan bujukan dari kelompok-kelompok tersebut,"kata Martika.
Kepala unit Binmas Polsek Karawang, AKP Muhi Harja mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mencegah remaja khususnya siswa akan risiko narkoba bersama tindakan kriminal lainnya. Terlebih beberapa hari belakangan pihaknya sering mendapati beberapa siswa sekolah kedapatan berada di luar jam sekolah saat jam belajar mengajar berlangsung.
“Ketika di luar sekolah ada kemungkinan mereka berteman dengan orang yang tidak seharusnya, makanya diberikan pengertian terkait bahanya tindakan menggunakan narkoba dan tindakan kriminal sebelum bertemu dengan orang yang mempengaruhinya,” jelasnya.
Alasan itu diungkapkan Muhi karena pengaruh buruk yang didapat remaja biasanya berasal dari luar sekolah. Makanya Ia berharap dengan adanya penyuluhan berupa penjelasan tentang jenis-jenis narkoba, bahaya menggunakan hingga akibat penggunaan narkoba dapat menghindarkan remaja dari barang haram tersebut.
“Kalau mengetahui bahaya narkoba maka bakal menghindarkan siswa dari narkoba. Selain itu kami juga melakukan penyuluhan tentang tindakan kriminal hingga keamanan dalam berkendara,” katanya
Sementara Kepala SMPN 3 Karbar, Raden Darajat (Ajat) mengucapkan terimakasih atas pembinaan tersebut. Menurutnya pembinaan semacam ini diperlukan karena di luar sana masih saja ada remaja yang juga siswa sekolahan menjadi korban dari narkoba dan perilaku kriminal lainya.
“Kedepannya dengan senang hati kami akan menerima penyuluhan serupa, dan bersama kepolisian siap membina anak-anak,” jelas Ajat. (nji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Ratusan Siswa SMPN 3 Karbar Diberi Penyuluhan Kenakalan Remaja dan Bahaya Narkoba"