Penyerapan Tenaga Kerja Lulusan SMK di Perusahaan Belum Maksimal

Karawang, KTD- Penyerapan calon tenaga kerja yang berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di perusahaan belum maksimal. Hal itu diungkapkan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kabupaten Karawang, H. Caya Suryana, Kamis (22/3) siang.

Caya mengungkapkan, SMK merupakan sekolah yang dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi sekolah yang dapat menghasilkan lulusan siap kerja. Namun hal itu berbanding terbalik dengan realita yang ada. Caya mengatakan, dari sekian banyak lulusan SMK yang tersebar di Karawang, tidak semuanya bisa bekerja di perusahaan.
"Sesuai laporan dari beberapa SMK yang saya ketahui, penyerapan tenaga kerja untuk para lulusanya masih terbilang rendah," kata Caya yang juga Kepala SMK PGRI 1 ini.
Pihak sekolah, lanjut Caya, sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengupayakan lulusanya agar terserap di perusahaan, salah satunya adalah dengan dibangunya kerjasama antara sekolah dengan pihak perusahaan dalam bentuk pemberian fasilitas informasi dan seleksi kerja bagi para alumni sekolah itu.
"Dari sekian banyak pencaker lulusan SMK yang ikut seleksi, paling hanya beberapa orang saja yang diterima. Pertimbanganya ya kita dari pihak sekolah tidak tahu, karena kami hanya sekadar memfasilitasi saja. Yang memutuskan diterima kerja atau tidak kan pihak perusahaan," ungkapnya.
Ketika disinggung mengenai perbedaan karakter antara warga pendatang dengan warga asli, yang suka dijadikan alasan pihak perusahaan tidak menerima kerja orang pribumi Karawang, ia tidak menampik hal itu. Ia mengaku sering mendengar laporan pihak perusahaan terkait siswa magang yang kurang disiplin saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
"Kalau berhubungan dengan karakter seseorang memang cukup sulit ya. Pihak sekolah kan sudah mendidik, mengawasi dan melakukan pembinaan dengan berbagai macam program sekolah pada saat mereka belajar. Tapi lepas dari sekolah, mereka kan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Karakter atau kepribadian terbentuk dari keluarga dan pergaulanya di masyarakat itu. Itu sudah beda tugas lagi," pungkasnya. (nji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Penyerapan Tenaga Kerja Lulusan SMK di Perusahaan Belum Maksimal"