PKKS Disdikpora Ditunda, Dirjen GTK : Tim PKKS Wajib Bersertifikat!

 

Karawang, KTD- Rencana Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang untuk menerjunkan tim Penilai Kerja Kepala Sekolah (PKKS) SD-SMP yang berasal dari unsur Disdikpora April mendatang terpaksa harus ditunda. Penundaan pelaksanaan PKKS ini menyusul adanya Surat Edaran Kementerian Nomor 04434/B5/LL/2018. Surat edaran yang ditujukan kepada Bupati Karawang tersebut kabarnya sudah menyebar melalui pesan WA para cakep dan kepsek.

Dalam surat edaran yang ditandatangani langsung oleh Dirjen Dikdasmen sekaligus Plt Dirjen GTK Kemendikbud, Hamid Muhammad MSc, Ph.D menyebut, tim yang ditunjuk untuk melaksanakan PKKS adalah tim yang sudah bersertifikat.

"Tim penilai PKKS dari pusat sebanyak 10 orang akan diterjunkan untuk memberikan pelatihan tim dari daerah. Tugas pusat menyiapkan standar dan kriteria untuk keperluan PKKS. Instrumentnya disiapkan oleh pusat. Kita akan menyiapkan alat dan tim. Daerah menyiapkan tim yang akan dilatih sebagai pelaksana di tingkat daerahnya masing-masing karena penilaian menggunakan sistem online dan offline," ungkap Hamid, Jumat (23/3) sore.

Hamid mengatakan, pihak Kemendikbud sepenuhnya mendukung rencana Disdikpora dalam melaksanakan PKKS. Hanya saja, pihaknya menilai ada beberapa poin yang perlu dievaluasi, salah satunya adalah penunjukan tim PKKS yang harus bersertifikat.

 

Dijelaskanya, dalam rancangan Permendikbud pengganti Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang penugasan guru sebagai kepsek tercantum bahwa jabatan kepsek bisa sampai batas usia pensiun dengan syarat telah mendapatkan predikat baik dalam masa kinerjanya yang ditentukan melalui PKKS setiap setahun sekali.

"Dulu sistem penilaianya kepsek 4 tahunan. Tapi sekarang penilaian akan dilakukan setiap tahun. Jadi ya diharapkan Kepsek tersebut bisa bekerja dengan baik, mendapatkan hasil baik dari PKKS. Kenapa dilakukan PKKS setiap setahun sekali? Ya biar ada tantangan. Kepsek benar-benar bisa bekerja maksimal. Kalau hasil PKKS kurang ya bisa kembali menjadi guru," jelasnya. (nji)

 

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "PKKS Disdikpora Ditunda, Dirjen GTK : Tim PKKS Wajib Bersertifikat!"