Absen UNBK, Siswi Ini Ikuti Pemanasan Asean Games di Jakarta

 

Karawang, KTD- Demi mematangkan persiapan Asean Games 2018, Mutiara Amanda (17) terpaksa izin tidak mengikuti Ujian Berbasis Komputer (UNBK) hari ketiga, Rabu (11/4).Siswa kelas 12 IPA 3 ini akan mengikuti ujian susulan mata pelajaran bahasa inggris minggu depan di Bandung.

Mutiara adalah atlet Sambo kelas min 68 kg putri termuda yang masuk dalam tim inti pada gelaran Asean Games 2018. Meski masih berstatus pelajar, ia sudah mencicipi berbagai macam gelar kejuaraan mulai dari tingkat daerah sampai internasional. Terakhir, ia meraih perunggu setelah sukses menjungkalkan lawan-lawanya dari berbagai belahan dunia yang diadakan di Turkmenistan, Turkey. Tidak salah jika akhirnya ia ditunjuk mewakili Indonesia sebagai salah satu peserta Asean Games yang akan dihelat di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang.
Ditemui di sekolahnya setelah menyelesaikan UNBK hari terakhir, Kamis (12/4) siang kemarin, Mutiara mengaku sudah siap menyambut gelaran empat tahunan itu. Ia sendiri menganggap ajang Asean Games merupakan salah satu ajang besar dan membanggakan, sehingga berbagai macam persiapan dilakukan, salah satunya mengikuti pemanasan di Jakarta meski jadwal bersamaan dengan pelaksanaan UNBK.
"Ya memang itu sudah risiko saya. Hadapi saja dengan santai. Nanti kan ada ujian susulan. Latihan jalan ujian juga bisa diselesaikan," kata Mutiara saat diwawancarai.
Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan mengatakan, ketidakhadiran mutiara pada saat pelaksanaan UNBK hari ketiga memang karena mengikuti pemanasan Asean Games di Jakarta. Kementrian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) bahkan membuatkan surat izin khusus bagi siswanya tersebut.
"Surat dari kemenpora juga sudah saya berikan kepada Ketua MKKS sebagai pemberitahuan. Mungkin surat itu dibuat karena kegiatanya bentrok dengan pelaksanaan UNBK." kata Agus.
Agus melanjutkan, sesuai prosedur yang ada dalam peraturan pelaksanaan UNBK soal siswa yang absen mengikuti ujian, maka akan diberlakukan ujian susulan.
"Berdasarkan informasi dari Ketua MKKS SMA se Karawang, hanya ada 3 siswa yang tidak ikut UNBK. Salah satunya siswa kami. Sesuai prosedur, karena jumlah siswa sedikit, maka ujian susulan akan diadakan di Bandung.Khusus untuk Mutiara, pembiayaan ke Bandung ditanggung oleh pihak sekolah," ucapnya. (nji)

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Absen UNBK, Siswi Ini Ikuti Pemanasan Asean Games di Jakarta"