Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan Justru Bikin Tubuh Jadi Gemuk

 

Karawang, KTD- Makanan sehat sering dipercaya sebagai makanan yang dapat menurunkan berat badan. Namun, jika dikonsumsi berlebih justru dapat menaikan berat badan.

Kacang almond, buah, dan sayur merupakan jenis makanan sehat yang paling banyak dikonsumsi ketika sedang diet. Orang cenderung mengonsumsi makanan sehat dalam porsi banyak, dengan anggapan bahwa makanan tersebut tidak akan membuat berat badan naik.
Menurut ahli diet dari Brisbane, Australia, Leanne Ward terlalu banyak mengonsumsi makanan sehat justru akan menaikan berat badan, seperti yang dilansir dari Independent (16/04).

Leanne membandingkan kalori dari semangkuk kacang almond sekitar 415 kalori, sementara cokelat bar merek Twix yang kaya gula, hanya mengandung 275 kalori.

Leanne tidak menyarankan bahwa cokelat bar lebih baik dari kacang almond. Ia hanya ingin menjelaskan bahwa pentingnya mengatur takaran porsi dalam mengonsumsi makanan sehat, tapi sarat kalori seperti kacang.

"Menurut saya penting untuk memahami porsi dan ukuran porsi sebuah makanan. Begitu banyak klien saya yang tidak mengerti mengapa mereka tidak berhasil menurunkan berat badan, padahal mereka sudah mengonsumsi makanan yang sehat. Perbandingan antara almond dan Twix menunjukkan bahwa makanan sehat saja tidak boleh di makan berlebih," jelas Leanne.

Leanne juga menambahkan bahwa sangat mudah untuk mengonsumsi makanan sehat secara berlebihan. Karena kebanyakan orang dituntun untuk percaya bahwa makanan sehat tidak dapat menaikkan berat badan. Itu merupakan kesalahan umum yang banyak dilakukan orang.

"Secangkir kacang almond, atau empat buah pisang akan tetap membuat berat badan naik, apalagi jika dikonsumsi melebihi kebutuhan asupan harian," lanjut Leanne.

Leanne menyarankan untuk menimbang dan mengukur porsi makanan, untuk mengetahui seberapa jauh perkiraan Anda tentang porsi makanan yang selama ini Anda makan.

"Tentu saja makanan sehat harus dimasukan ke dalam pola diet Anda, hanya jangan dikonsumsi secara berlebih. Anda masih bisa menikmati makanan lain, jika Anda mengontrol porsi dan takarannya," pungkas Leanne. (nji/net)

Category: Unik
No Response

Leave a reply "Konsumsi Makanan Sehat Berlebihan Justru Bikin Tubuh Jadi Gemuk"