Angklung SMPN 1 Karawang Juara Lagi, Lima Kali Pertahankan Gelar Tingkat Nasional

 

Karawang, KTD- Tim Angklung SMPN 1 Karawang Barat sukses mempertahankan gelar selama 5 kali berturut-turut sebagai Juara 1 di Ajang Musik Angklung Padaeng ke-X tingkat nasional yang dilaksanakan di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung Jawa Barat belum lama ini. Tim Angklung SMPN 1 Karawang Barat membawa pulang penghargaan sebagai Juara 1 tingkat nasional untuk kedua tim yang diberangkatkan, tim A dan tim B. Selain itu, dua anggotanya, Hayuningtyas dan Rio Syamsuria Hidayat meraih penghargaan sebagai vocalist terbaik.
Esi Destiana selaku pelatih angklung mengatakan, ajang Musik Angklung Padaeng merupakan perlombaan bergengsi yang diikuti oleh sekolah se nasional. Selama 10 tahun penyelenggaraan, tim angklung binaanya selalu berhasil keluar sebagai juara 1.
"Alhamdulillah kami berhasil mempertahankan prestasi membanggakan itu. Pencapaian ini sudah sepadan dengan proses yang sebelumnya dijalani bersama sama. Ini buah dari hasil kerja keras semua pihak. Jerih payah anak-anak berlatih tidak sia-sia," kata Esi saat diwawancarai di sekolahnya, Jumat (11/5) pagi.
Esi menyampaikan dalam ajang tersebut, SMPN 1 Karbar membawa 98 siswa yang terbagi menjadi dua regu. Untuk tim A, sambung dia, membawakan lagu Sang Kuriang. Sementara tim B, membawakan Ciung Wanara. Disinggung mengenai kemampuan mempertahankan gelar juara, Esi singkat menjawab, semua berawal dari kebersamaan.
"Dari kebersamaan kan jadi kompak. Tim itu harus kompak. Tim yang kompak pasti kuat karena mau berjuang bersama-sama," ucapnya.
Kepala SMPN 1 Karbar, Rukmana mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung sehingga kegiatan perlombaan yang diikuti siswanya lancar tanpa kendala sehingga bisa mendapatkan hasil terbaik bagi sekolah. Ucapan itu ia sampaikan secara khusus untuk pelatih dan pembina angklung SMPN 1 Karawang. Selain itu, ia juga mengapresiasi bantuan dari orang tua siswa.
"Selaku kepsek, secara pribadi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu Esi selaku pelatih. Ibu Hj. Nia Kurniasih dan ibu Ryanti Puspitasari selaku pembina. Dan tak lupa apresiasi setinggi-tinggi kepada orang tua siswa, yang rela berkorban waktu, tenaga dan biaya dalam membantu mensukseskan acara tersebut," ungkapnya. (nji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Angklung SMPN 1 Karawang Juara Lagi, Lima Kali Pertahankan Gelar Tingkat Nasional"