Ini Penyebab Lulusan SMA Sulit Cari Pekerjaan

 

Karawang, KTD- Sebagian besar siswa lulusan SMA mencari kerja di pabrik dibanding meneruskan ke perguruan tinggi. Namun, siswa lulusan SMA lebih sulit melamar kerja di pabrik dibanding lulusan SMK. Hal ini diungkapkan Guru Bimbingan Konsuling SMA Negeri 2 Karawang, Aida.

Kata Aida, di sekolahnya, siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi setiap tahun bertambah banyak dibanding tahun sebelumnya, mayoritas mereka kuliah di UNSIKA (Universitas Singaperbangsa Karawang). Tahun ini, berdasarkan data yang diminta dari siswa yang sudah lulus, 60 persen mereka memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan 40 persen memilih melamar kerja di perusahaan Industri.

"Tahun lalu banyak lulusan yang memilih langsung kerja, tetapi sekarang lebih banyak yang kuliah sambil kerja di UNSIKA," kata Aida saat diwawancarai, Selasa (3/7) pagi.

Diakui Aida, karena usai kelulusan kemarin, sejumlah siswa banyak yang menyatakan sulit mencari kerja, meski siswa sudah mengeluarkan uang banyak untuk membayar administrasi ini dan itu supaya bisa masuk kerja.

Di tempat terpisah, Sekdisdikpora Karawang Nandang Mulyana mengatakan, persentase lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan dan yang melamar kerja perbandingannya tak jauh berbeda. Namun, Disdikpora tidak bisa mendata yang melanjutkan pendidikan dan yang mencari kerja.

Sementara itu, di Disnakertrans Karawang membludak, mayoritas mereka adalah pencari kerja lulusan sekolah tahun ini. Beberapa waktu lalu, Kepala Disnakertrans Ahmad Suroto menyatakan, pihaknya siap menyalurkan calon tenaga kerja lulusan sekolah ke perusahaan di sejumlah kawasan.

"Tetapi alangkah baiknya, lulusan SMA melakukan kursus supaya memiliki keahlian sebelum melamar ke perusahaan, karena lulusan SMA tidak dibekali keahlian dibanding lulusan SMK," ucapnya. (nji)

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Ini Penyebab Lulusan SMA Sulit Cari Pekerjaan"