Lomba Mewarnai dan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Seks, Program KKN Mahasiswa UBP

Karawang, KTD- Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Kabupaten Karawang yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur menggelar kegiatan lomba mewarnai siswa mulai dari siswa tingkat PAUD dan Sekolah Dasar (SD) desa setempat, Kamis (12/7) pagi di Mall Technomart Karawang.

Ketua Panitia KKN, Duriyat Syair mengatakan, kegiatan KKN dimulai sejak 2 Juli sampai dengan 31 Juli 2018. Khusus untuk hari ini, kami mengadakan kegiatan lomba mewarnai.

"ini adalah kegiatan lomba dengan dua katagori usia. Pertama katagori lomba mewarnai untuk usia PAUD dan usia SD.Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini lebih dari 100 anak-anak atau siswa SD” ujar Duriyat saat diwawancarai.

Lebih lanjut ia mengatakan, kompetisi mewarnai dan menggambar ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak khususnya di Sukaharja, dan juga sebagai wadah latihan berkompetisi mulai dari usia dini. Selain menggelar lomba untuk usia anak, di waktu yang sama, kelompok KKN tersebut juga mengadakan sosialisasi pendidikan seks untuk ibu dan anak sejak usia dini.

"Jadi saat anak anak sibuk berlomba, orang tua mereka juga kami berikan sosialisasi mengenai bagaimana cara mengasuh anak atau jangan malu malu menjelaskan pentingnya seks edukasi usia dini kepada anak agar anak mereka tidak terjerumus dan tidak jadi korban pelecehan seksual. Materi disampaikan oleh salah satu mahasiswa kelompok kami," ucapnya.

Di tempat yang sama, Bendahara KKN, Rita Erninda menambahkan, program program selama KKN di Desa Sukaharja telah banyak dilakukan. Menurutnya, semua mahasiswa berusaha mengaplikasikan dan mengamalkan ilmu yang selama ini didapat dari kampus.

"Kita ikuti semua kegiatan rutinan desa seperti rapat minggon desa, posyandu, pengajian. Selain itu, kita juga menggelar test darah gratis untuk warga," tambahnya.

Bentuk kegiatan lainnya yang menurut kami berguna, sambung Rita, adalah membantu mensukseskan program desa citarum harum dengan membuat tong sampah disetiap dusun dan melakukan kegiatan penanaman pohon. 

Salah satu warga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba, Nuryati mengapresiasi program-program yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UBP.

“Saya berterimakasih kepada peserta KKN UBP yang telah berpartisipasi aktif dalam masyarakat serta mengadakan kegiatan yang bukan hanya sekedar mengisi waktu libur anak khususnya di desa ini, akan tetapi kegiatan ini juga berfungsi melatih dan mengembangkan kemampuan motorik anak,” katanya. (nji)

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Lomba Mewarnai dan Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Seks, Program KKN Mahasiswa UBP"