Dinkes Karawang Berikan Pembinaan UKS Guru SD dan SMP

 

K

Karawang, KTD- Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang melalui UPTD Puskesmas Tanjungpura menyelenggarakan pembinaan UKS, Dokter Cilik, dan Kesehatan Remaja, belum lama ini. Sedikitnya, 18 Guru Sekolah Dasar dan SMP se-Karawang Barat hadir mengikuti pembinaan tersebut.

Acara yang digagas Dinkes Karawang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Karawang itu berlangsung selama 1 hari di Aula Kelurahan Tanjungpura Karawang Barat, Kabupaten Karawang.

Widyaswara, dr. Bintang Panjaitan mengatakan, kegiatan digelar bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada para guru untuk kemudian di transformasikan kepada siswa dan lingkungan di sekolah masing-masing.

"Siswa merupakan sasaran primer dalam pembinaan UKS, dan Guru sebagai sasaran sekunder. Tujuannya nanti agar pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah berjalan sesuai harapan dengan adanya koordinasi antar lintas sektoral," ucapnya.

Bintang mengatakan, program pembinaan UKS merupakan indikator menuju sekolah sehat. Sebab, sepertiga dari 86,7 juta penduduk Indonesia adalah anak sekolah. Beberapa poin menjadi indokator sekolah itu termasuk sekolah sehat.

"Luas ruang kelas, tingkat kebisingan, pencahayaan, kebersihan area, tingkat rindangnya pepohonan, hingga ketersediaan toilet yang bersih, dan lainnya menjadi poin penting," ungkapnya.

Selain itu, kata Bintang, Guru diberikan pemahaman terkait pembinaan dokter cilik. Dokter cilik berasal dari para siswa yang bertujuan untuk membentuk karakter sadar sehat di kalangan siswa. "Nantinya akan ditularkan pola hidup bersih dan sehat oleh siswa kepada teman dan keluarga. Termasuk membiasakan PHBS dirinya sendiri," katanya.

Sejumlah program kesehatan terus digalakkan Dinkes di lingkungan sekolah. Rencananya akan ada imunisasi campak untuk siswa yang rutin digelar setiap tahun. "Tim yang datang sendiri ke sekolah-sekolah," ungkapnya. (nji)

 

 

Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Dinkes Karawang Berikan Pembinaan UKS Guru SD dan SMP"