Mahasiswa KKN UBP Gelar Penyuluhan, Bantu Warga Purwadana Pecahkan Kendala Wirausaha

 

Karawang, KTD- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menggelar kegiatan penyuluhan swasembada bagi warga Purwadana, Jumat (27/7) pagi di Aula kantor Desa Purwadana. Penyuluhan tersebut mentitikberatkan pada sektor Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) yang dihasilkan oleh warga setempat.
Wakil Ketua KKN, Indah Sari menuturkan berdasarkan dari pengakuan warga yang menjadi peserta penyuluhan, selama menjalankan usaha banyak kendala yang dialami oleh warga, salah satunya bagaimana cara memproduksi produk dengan kualitas memadai.
"Kendala tidak jauh dari seputar bagaimana membuat produk, karena ternyata disini masih banyak yang menggunakan cara manual seperti produksi tahu, yang cara membuatnya masih sederhana. Ada juga yang masih kebingungan untuk membuat brand produk atau kemasan bagi usaha sabun colek sehingga karena minimnya pengetahuan, banyak diantara mereka yang akhirnya gulung tikar," ungkap Indah saat diwawancarai.
Dari hasil pengamatan selama KKN itulah, ia dan teman-temanya akhirnya berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan peyuluhan swasembada. Tujuanya, kata Indah, untuk memberikan informasi tentang swasembada masyarakat UKM meliputi keuntungan, kelemahan serta kendalanya yang menyasar pada pembuat kebijakan desa purwadana, pemilik ukm, pengurus kelompok petani, tokoh masyarakat
 dan lain sebagainya.
"Disini sebenarnya banyak warga yang berminat menjalankan UKM, namun ya itu tadi, mereka masih minim informasi. Bingung memulai usaha darimana. Untuk itu, lewat kegiatan ini kita bantu pemecahan masalahnya. Kita undang pemateri yang memang kompeten di bidang tersebut, yaitu Dr. Budi Rismayadi, SE.,M.M selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial UBP," jelas Indah.
Salah satu masyarakat desa setempat yang mengikuti penyuluhan, Salim (45) mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selama ini keinginanya berwirausaha mati suri akibat minimnya informasi dunia usaha yang ia dapat, sehingga sampai saat ini, ia belum berani untuk memulainya.
"Keinginan mau buka usaha sih daridulu ya. Tapi jujur saya belum ada pengalaman. Selain itu, informasi mengenai dunia usaha juga terbatas. Dengan adanya acara ini, sedikit membantu saya dan warga lainnya. Sekarang jadi percaya diri untuk membuka usaha," ucap Salim. (nji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Mahasiswa KKN UBP Gelar Penyuluhan, Bantu Warga Purwadana Pecahkan Kendala Wirausaha"