Ribuan Pencaker Serbu Job Matching SMKN 1 Karawang

Karawang, KTD- Baru dua hari dibuka, panitia kegiatan Job Match SMKN 1 Karawang mencatat sekitar 1500 pencari tenaga kerja (pencaker) telah terinput sebagai pelamar kerja di berbagai macam perusahaan. Job match dengan system online tersebut, diikuti lebih dari 87 perusahaan industri yang tersebar di Kabupaten Karawang. Ketua Panitia Kegiatan Job Match Online, Chaerudin meyakini jumlah pelamar kerja akan terus bertambah setiap harinya. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan jumlah pencaker di hari pertama dan kedua.

"Ada 87 lebih perusahaan yang terlibat, dengan jumlah lowongan kerja bisa mencapai puluhan ribu, yang ditawarkan. Hari pertama baru 18 perusahaan, hari ini bisa menambah lagi. Para pencari kerja yang mendaftar tidak hanya dari lulusan SMK saja tapi juga terdapat beberapa dari lulusan sarjana sesuai dengan kebutuhan perusahaan," ungkap Chaerudin saat diwawancarai, Selasa (31/7) pagi.
Chaerudin mengatakan, dengan adanya Job Matching Online di SMK membawa angin segar bagi para lulusan dari SMK maupun SMA yang membutuhkan pekerjaan. Antusiasme para pencari kerja ini sangat tinggi, terbukti kalau di Karawang ternyata masih banyak yang menganggur.
"
Dengan adanya Job Matching ini bisa memberi kemudahan bagi para pencari kerja untuk lulusan SMK dan SMA,” ujarnya.
Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan mengatakan, job matching bukan hanya ajang pamer banyaknya industri yang mencari pekerja. Tetapi harus menjadi bekal penyamaan kurikulum SMK dengan kebutuhan Industri. Sebab, dalam job matching pencari kerja bukan hanya dari lulusan SMK.

“Jadi kurikulumnya jangan sampai ada jarak dan ketidaksesuaian dengan kebutuhan industri. Setiap program harus ada yang dilatih dari sekolah dan juga dari industri,” ujar Agus.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini merupakan mandat dari Kemendikbud RI dan SMKN1  Karawang ditunjuk sebagai salah satu sekolah penyelenggara.. Jadi kegiatan bertujuan untuk menyerap tenaga kerja dari lulusan SMK sebanyak-banyaknya, sehingga mereka mampu bekerja di sejumlah industri yang ada di wilayah Karawang dan sekitarnya
"Dengan digelarnya Job Matching ini nantinya diharapkan banyak industri yang tergabung dalam program ini. Walaupun tiap-tiap sekolah sekarang ini sudah mempunyai kerjasama dengan industri yang sesuai dengan sekolahan masing-masing," pungkasnya. (nji)
Category: Pendidikan
No Response

Leave a reply "Ribuan Pencaker Serbu Job Matching SMKN 1 Karawang"