Tim Sinergitas ABCGM Dibentuk, Siap Bantu UMKM Naik Kelas

Karawang, KTD- Tim Sinergitas ABCGM Kab. Karawang resmi dikukuhkan oleh Dinas Koperasi tepat pada peringatan Hari koperasi ke 71 tingkat Jawa Barat di Lapang Karangpawitan Kabupaten Karawang (27-29/7) lalu. Seia Piantara selaku Ketua Tim Sinergitas ABCGM Kab. Karawang mengatakan, Tim Sinergitas ABCGM hadir sebagai jawaban dari kesulitan-kesulitan para pelaku usaha yang ingin naik kelas

“Kebanyakan para pelaku usaha mengeluhkan sulitnya mengembangkan usaha yang dirintintisnya,” kata Seia saat diwawancarai, Kamis (2/8) siang.

Hasil pengamatan Seia selama ini, pelaku usaha masih menggunakan pengetahuanya berwirausaha secara otodidak dengan manajemen yang masih tradisional, kurangnya pelatihan, dan sempitnya segmentasi pasar.

“Sehingga dengan adanya ABCGM diharapkan mampu mendrorong pelaku pelaku usaha untuk naik kelas,” harap Seia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Tim Sinergitas ABGM adalah kolaborasi dari unsur Akademisi, Business, Community, Government dan Media. Tujuan tim ini, katanya, adalah untuk membantu program pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi UMKM untuk mewujudkan pelaku UMKM naik kelas dari Usaha Kecil, dari Usaha Kecil ke Usaha Menengah. Kegiatannya sendiri adalah meliputi pelatihan, pendampingan, konsultasi, dan diikutsertakan dalam festival – festival bertaraf nasional dan internasional.

“Dari kerjasama unsur Akademisi dalam hal keilmuannya, unsur Bisnis dalam permodalannya, unsur Komunitas sebagai penyalur pelaku usahanya, unsur Pemerintah sebagai fasilitator dan Media sebagai wadah informasi,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Karawang, Asep Junaedi menjabarkan, Pendataan UMKM di wilayah karawang sesui data ada 44rb pelaku usaha, dan ABCGM nantinya akan dilibatkan untuk memprogress pelaku pelaku usaha tersebut agar naik kelas dengan diikutsertakan pelatihan pelatihan, pendampingan usaha sampai diikuitsertakan dalam bazar dan festifal wirausaha sehingga pelaku usaha.

“Harapan saya dengan adanya ABCGM ini para pelaku usaha di Kabupaten Karawang bisa lebih menggeliat lagi, kita punya Perda no 3 th 2015 tentang perlindungan dan pembinaan untuk para pelaku usaha, mungkin disatu sisi ini bisa saling melingkapi dengan adanya ABCGM untuk pendampingan,” ucapnya (nji)

 

 

 

Category: Peristiwa
No Response

Leave a reply "Tim Sinergitas ABCGM Dibentuk, Siap Bantu UMKM Naik Kelas"